-->

Ads (728x90)

Sekda Jefridin Pimpin Rapat Entry Meeting Pelaksanaan Everan Tahun 2023
Sekda Jefridin (kanan) saat memimpin Rapat Entry Meeting Pelaksanaan Everan Tahun 2023 di ruang rapat Sekda Lantai 2, Rabu (13/09/2023) (Ist/Realitamedia.com)


By Parulian

BATAM, Realitamedia.com – Pemko Batam sudah melakukan efisiensi anggaran, dalam perencanaan Perangkat Daerah terlebih dahulu menyusun Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD).

Setiap usulan yang disampaikan melalui RKBMD akan dibahas lebih lanjut antara Badan Pengelolaan Anggaran dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Batam dengan Perangkat Daerah.

Demikian disampaikan Sekda Kota Batam Jefridin Hamid saat memimpin rapat Entry Meeting Pelaksanaan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Everan) Tahun 2023 yang digelar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kepri di ruang rapat Sekda Lantai 2, Rabu (13/09/2023).

Rapat ini digelar dalam rangka Perbaikan Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2024 oleh BPKP Perwakilan Provinsi Kepri.

"Atas nama Wali Kota Batam, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPKP Perwakilan Provinsi Kepri yang telah melakukan kegiatan evaluasi ini. Kegiatan ini sangat baik untuk menjadi refleksi dan evaluasi dalam perencanaan anggaran ke depan," kata Jefridin.

Selanjutnya Jefridin mengatakan setelah dilakukan evaluasi, diharapkan tidak ada lagi anggaran yang tidak tepat dan efisien. Momentum evaluasi ini sangat tepat, karena APBD 2024 belum disahkan. Sehingga rekomendasi dari evaluasi ini sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan APBD Tahun 2024.

Beliau juga meminta kepada pimpinan Perangkat Daerah yang hadir agar memanfaatkan momentum evaluasi ini untuk berkoordinasi dengan tim dari BPKP. Sebab evaluasi ini sangat membantu Pemko Batam dalam rangka perbaikan anggaran Pemko Batam ke depan.

Kepala Perwakilan BPKP Perwakilan Provinsi Kepri, Mardiyanto Arif Rakhmadi mengatakan selama 38 hari ke depan,  BPKP Perwakilan Provinsi Kepri akan melaksanakan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2023 di lingkungan Pemerintah Kota Batam. Evaluasi ini bertujuan untuk perbaikan perencanaan penganggaran tahun 2024.

Dihadapan kepala OPD di lingkungan Pemko Batam yang mengikuti rapat ini, Mardiyanto Arif Rakhmadi mengatakan tujuan rapat Entry Meeting ini digelar agar perencanaan dan penganggaran efisien dan tepat sasaran.  

Evaluasi ini dilakukan secara serentak di 542 Pemerintah Daerah se Indonesia. Tim BPKP yang akan melakukan evaluasi adalah Iman Husyanto selaku Wakil Penanggung Jawab.

“ Evaluasi ini sesuai arahan dari Presiden, BPKB diminta melaksanakan tugasnya untuk melakukan pengawasan perencanaan anggaran. Tujuannya agar apa yang dianggarkan sampai kepada masyarakat," katanya.

Menurutnya ada lima sektor akan dievaluasi, sektor pengentasan kemiskinan, penanganan stunting, pemberdayaan UMKM, Daya Saing Pariwisata dan Ketahanan Pangan.

Tim BPKP menurutnya akan menguji kualitas dan keselarasan anggaran, apakah sudah pas. Untuk kegiatan yang tidak efektif dan efisien dan tidak relevan akan dievaluasi untuk dialihkan agar mendapatkan capaian yang baik (ian)



Editor : Herry


















Posting Komentar