-->

Ads (728x90)

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menyerahkan seragam sekolah secara simbolis di di Gedung Nasional, Selasa (19/9/)Foto (Realitamedia com /jam) 

KARIMUN, Realitamedia com -
Dunia pendidikan menjadi salah satu perhatian khusus bagi bupati Karimun H. Aunur Rafiq. Peningkatan dunia pendidikan menjadi programnya bahkan tertuang dalam visi dan misi salah satu nya bantuan seragam sekolah gratis untuk anak SD dan SMP di kabupaten Karimun. 

Hal tersebut disampaikan Aunur Rafiq saat menyerahkan seragam sekolah secara simbolis di di Gedung Nasional, Selasa (19/9/2023). 

Selain Aunur Rafiq, acara itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Sugianto, unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), kepala sekolah, guru, serta perwakilan pelajar SD/MI dan SMP/MTs penerima.

Penyerahan seragam sekolah gratis diberikan kepada 8.390 yang terdiri dari pelajar sekolah dasar (SD)/madrasah ibtidaiah (SD/MI) dan sekolah menengah pertama (SMP)/madrasah sanawiah (MTs) tahun pelajaran baru 2023-2024

Bupati Karimun Aunur saat menyaksikan kata sambutannya penyerahan seragam sekolah gratis kepada sekolah SD dan SMP

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq mengatakan, program seragam sekolah gratis ini merupakan wujud dari kepedulian dan realisasi program Pemerintah Kabupaten Karimun yang menjadi bukti bahwa Pemkab Kariamun terus memperjuangkan kemerdekaan yang diinisiasi oleh para pendiri bangsa.

“Pemkab Karimun memberi perhatian khusus pada sektor pendidikan lewat satu program yang komprehensif. Ini merupakan juga wujud dari janji kami bersama Pak Wabup pada saat pilkada kemaren,” tutur Rafiq. 

Menurutnya , sektor pendidikan harus bisa menyentuh berbagai aspek. Setiap pelajar harus bisa mendapatkan fasilitas terbaik dalam pendidikan, salah satunya lewat sarana dan prasarana pendidikan.

“(Seragam sekolah gratis) merupakan bentuk perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan, terutama bagi mereka yang menempuh pendidikan dasar yang masih berada di bawah kewenangan Pemkab Karimun,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Sugianto saat menyampaikan kata sambutannya

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Sugianto memaparkan, program bantuan untuk siswa pendidikan dasar mencakup dua kegiatan utama, yakni Bantuan Operasional Sekolah (BOSDA) dan pengadaan seragam sekolah gratis.

“Tahun ini, Pemkab Karimun melalui Dinas Pendidikan membagikan seragam sekolah gratis untuk peserta didik baru jenjang SD/MI dan SMP/MTs. Seragam dibagikan kepada 4.434 dengan nilai Rp 2 milyar untuk pelajar kelas 1 SD/MI,” paparnya.

“Kemudian, sebanyak 3.956 siswa kelas 6 SMP/MTs yang mendapatkan seragam dengan total nilai Rp 2 milyar. Nilai keseluruhan program ini adalah 8.390 siswa penerima bantuan dengan total anggaran sebesar Rp 2 milyar serta anggaran perlengkapan belajar atau APE senilai Rp 200 juta. ,” ujar Sugianto. 

Untuk diketahui,  total ada  8.390 penerima, rinciannya adalah 4.434 pelajar SD/MI dan 3.956 pelajar SMP/MTs. Adapun total anggaran yang digelontorkan adalah sebesar Rp 4 Miliar dari APBD murni Kabupaten Karimun tahun anggaran 2023, serta anggaran perlengkapan belajar atau APE senilai Rp 200 juta. (jam). 

Posting Komentar