-->

Ads (728x90)

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq dampingi Kepala Dishub Karimun M Yunus menerima penghargaan dari Kepala KSOP Kelas I Kabupaten Karimun Jon Kenedi saat acara Diklat Pemberdayaan Masyarakat BAT-KLM di Gedung Nasional, Selasa (22/11) (Fhoto : James/Realitamedia.com)
 
By James 

KARIMUN, Realitamedia com - Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq secara resmi membuka acara Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training-Kapal Layar Motor (BAT-KLM) bagi operator kapal tradisional dan nelayan di wilayah Kabupaten Karimun pada Selasa (22/12/2022) di Gedung Nasional.

Kegiatan ini digelar oleh Politeknik Pelayaran Provinsi Banten berkerjasama dengan KSOP Kelas I Kabupaten Karimun dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun. Kegiatan ini diikuti sebanyak 144 orang dan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 22 - 24 Juni 2022. 

Bupati Karimun Aunur Rafiq usai membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat BAT - KLM di Gedung Nasional, Selasa (22/11) (Fhoto : James/Realitamedia.com)

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan bagi para peserta dalam mengantisipasi akan adanya bahaya di atas kapal, untuk jangka panjang hal ini berguna dalam upaya mewujudkan tersedianya Sumber Daya Manusia yang profesional dibidang pelayaran. 

Sebagaimana dimaklumi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 20 Tahun 2015, tentang Standar Keselamatan Pelayaran, bahwa keselamatan pelayaran adalah suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhan, dan lingkungan maritim. 

Selanjutnya standar keselamatan pelayaran sebagaimana dimaksud meliputi sumber daya manusia, sarana dan/atau prasarana, standar operasional prosedur, lingkungan dan sanksi.

Kepala KSOP Kelas I Kabupaten Karimun Jon Kenedi memberikan materi pelatihan kepada peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat BAT-KLM asic Safety Training-Kapal Layar Motor di Gedung Nasional, Selasa (22/11) (Fhoto : James/Realitamedia.com)

Bupati Karimun Aunur Rafiq  dalam pidatonya mengatakan pelatihan Basic Safety Training-Kapal Layar Motor (BAT-KLM) yang digelar selama 3 hari manfaatnya sangat besar, mengingat Kabupaten Karimun terdiri dari 259 pulau dan transportasi terbesarnya adalah transportasi laut.

"Mudah-mudahan ditahun depan dapat dilaksanakan lagi dan tentunya dengan yang lebih besar lagi,".tutupnya.  (jam) 

Editor : Heri

Posting Komentar