-->

Ads (728x90)

Wan Arismunandar Minta Penanganan Banjir di Sebagai Hulu Menjadi Prioritas Usulan Tahun 2025
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Natuna, Wan Arismunandar (nomor 2 dari kiri) saat menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Bunguran Timur Laut.di Gedung Serba Guna Kecamatan Bunguran Timur Laut, Senin (22/01/2024) (Budi Dharma/Realitamedia.com)

By Budi Dharma

NATUNA, Realitamedia.com - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Natuna, Wan Arismunandar  menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Musrenbang tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Natuna Wan Siswandi pada Senin (22/01/2024) di Gedung Serba Guna Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Musrenbang ini mengusung tema “ Pemantapan Pembangunan Ekonomi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Natuna Yang Unggul dan Sejahtera”.

Pada Musrenbang ini, Wan Arismunandar mengatakan pihaknya berharap agar penanganan banjir di Sebagai Hulu menjadi prioritas usulan pembangunan untuk tahun 2025 mendatang. 

Ia menilai penanganan banjir di Desa Sebagai Hulu selama ini belum maksimal dan tidak menjadi prioritas, padahal setiap tahun saat musim penghujan daerah tersebut kerap menjadi langganan banjir.
Beliau mengatakan dirinya tidak melihat adanya galian sungai dari Kelanga ke Sebadai Hulu. 

Seharusnya galian sungai Kelanga tersebut dapat menjadi skala prioritas, supaya permasalahan banjir setiap tahun tidak terulang kembali, 

“ Kegiatan untuk mengurai kebanjiran itu sangat penting,” katanya. 


Dikesempatan itu, Wan Arismunandar meminta setiap OPD menjabarkan program pembangunan yang dicanangkan oleh Bupati yaitu peningkatan perekonomian masyarakat. 

“ Kegiatan bupati tersebut harus sejalan dengan praktek di lapangan disetiap OPD, jangan sampai malah karena putusnya komunikasi dan kurang siapnya OPD membuat program tersebut malah tidak dapat dijalankan,” katanya.

OPD terkait , katanya, diminta untuk melakukan persiapan terhadap program-program baik bersifat bantuan ataupun kegiatan yang melibatkan kelompok masyarakat.

Ia meminta pihak kecamatan mengevaluasi kembali usulan kegiatan ditahun sebelumnya, mana yang masuk dan tidak, serta memprioritaskan kembali kegiatan yang belum masuk supaya menjadi prioritas saat pengusulan kegiatan di tahun 2025. 

Terkait hal tersebut, Camat Bunguran Timur Laut, Yunalis menyampaikan bahwa normalisasi Sungai Sebagai Ulu dan Kelanga sudah masuk ke dalam usulan pembangunan untuk tahun 2025 mendatang. 

“ Terkait usulan kegiatan yang belum terealisasi, kami akan kembali mengusulkannya sehingga menjadi skala prioritas untuk tahun 2025,” katanya.

Sebelumnya Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan Kecamatan Bunguran Timur Laut ditahun 2023 kebanyakan kegiatan yang sifatnya penunjukan langsung, hal ini merupakan suatu cara untuk melibatkan masyarakat dan berdampak secara ekonomi.

Bupati juga berpesan khusus di Kecamatan Bunguran Timur Laut untuk jalan, penerangan jalan umum di desa menjadi prioritas dengan memperhatikan kekuatan anggaran tentunya.

Ia juga menyinggung keberagaman profesi masyarakat Natuna yang majemuk mulai dari petani, peternak hingga nelayan hendaknya menjadi perhatian juga dalam pengadaan fasilitas penunjangnya sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat tanpa mengabaikan pembangunan infrastruktur dan pendidikan.

"Masing-masing desa di Kecamatan Bunguran Timur Laut terdapat 10 usulan prioritas hasil dari Musrenbang tingkat desa mulai dari desa Tanjung, Limau Manis, Pengadah, Kelanga, Selemam, Sebadai Ulu, Ceruk dan usulan Kecamatan," pungkasnya. (Bu)


Editor : Patar

Posting Komentar