Ads (728x90)

Bupati Lingga Memaparkan Rencana Aksi Strategis Saat Mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Kemendagri Secara Virtual

LINGGA, Realitamedia.com – Bupati Lingga, Muhammad Nizar memaparkan dokumen Rencana Aksi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Lingga tahun 2022-2024 kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual pada Selasa (13/07/2021). 

Pertemuan yang digelar secara virtual itu merupakan rangkaian pembelajaran Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 lalu.

Bupati Lingga menyampaikan rencana aksi strategis dengan meningkatkan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung visi dan misinya.

Salah satunya dengan memaksimalkan fungsi aparatur pemerintah sebagai upaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik (good government) sesuai dengan salah satu misinya yang disejalan dengan RPJMD Kabupaten dan Provinsi maupun RPJMN sesuai amanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2020 tentang RPJMN tahun 2020-2024.

"Jadi memang masing-masing Kabupaten Kota diambil secara acak untuk mengambil rencana aksi yang disejalankan visi misi RPJMD, RPJMD Provinsi dan Nasional," kata dia, usai acara.

Tidak hanya itu, menurut dia peningkatan SDM juga dilakukan dengan melakukan pembekalan atau sosialisasi atau pelatihan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan oleh perangkat daerah yakni beberapa dinas yang menjadi program unggulan dari visi dan misi Muhammad Nizar dan Neko Wesha Pawelloy.

"Dengan harapan agar masyarakat di Kabupaten Lingga menjadi masyarakat yang berkualitas berbudaya dan berdaya saing sehingga dapat meningkatkan perekonomian," jelas dia. 

Dari paparannya, kondisi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lingga sampai Juli 2021 sebanyak 2769 Orang dari beberapa kualifikasi. 

Nizar juga memaparkan potensi unggulan daerah yang menjadi program prioritasnya bersama Neko, seperti pertanian dan perikanan serta lainnya. 

Kepala Pusat BPSDM Kemendagri, Erliani Budi Lestari, dalam pertemuan itu merasiokan, dengan jumlah penduduk 104.003.939 jiwa dengan ASN sebanyak 2.769 maka 1 ASN mengelola 39  penduduk. Dia yakin akan efektif kalau pengembangan SDMnya tepat dengan strategi yang disampaikan Bupati Lingga.

"Terkait program unggulan perikanan akan sangat tepat dikembangkan karena daerah Kabupaten Lingga kepulauan," kata dia dalam rapat vicon tersebut.

(IK/Eni)