-->

Ads (728x90)


TANJUNGPINANG, Realitamedia com
– Bertempat di ruang rapat utama lantai 4 Kantor Gubernur Kepri, Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad menghadiri Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Chief Ministers & Governors Forum (CMGF) ke-18 tahun 2021 secara virtual, Jumat (30/7/2021).

Dalam kegiatan ini, Gubernur Kepri didampingi oleh Asisten II Syamsul Bahrum, Plt Karo Humprohub Hasan, dan Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua delegasi dari ketiga negara tersebut yaitu Timbalan Menteri Besar Kelantan Dato Mohammad Amar nik Abdullah dari Malaysia; Plh Sekdaprov Sumatera Selatan, Akhmad Najib yang mewakili Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dari Indonesia dan Gubernur Krabi Kittibodee Prawit dari Thailand.

Masing-masing ketua delegasi memaparkan upaya-upaya daerahnya dalam menangani pandemi Covid-19. Bagaimana kerjasama ketiga negara akan sangat membantu pemulihan ekonomi.

"Dalam kesempatan ini saya menegaskan kembali peran penting kita semua melalui kolaborasi yang lebih erat antar pemangku kepentingan. Pencapaian misi IMT-GT akan turut mendukung pemulihan ekonomi dan menguatkan rantai pasok," ujar Sekdaprov Sumsel, Akhmad Najib.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengharapkan acara yang diselenggarakan di Malaysia sebagai tuan rumah ini sukses dan mendapat kerja sama yang baik dalam proyek-proyek strategis antar negara anggota.

Dikutip dari laman Humas Kepri, Gubernur Kepri percaya dengan kerja sama sub regional yang intensif dan ekstensif antar anggota IMT-GT akan memperkuat pembangunan sosial ekonomi multi sektoral.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kepri memaparkan proyek-proyek yang sedang berlangsung maupun proyek yang berpotensi di masa yang akan datang dalam kaitannya kerja sama dengan IMT GT ini. 

Seperti koridor pariwisata baru dalam rangka hubungan ekonomi di Kabupaten Natuna dan Anambas, industri agrikultur di Kabupaten Lingga, layanan halal dan industri produk halal di Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, perdagangan dan investasi pada KEK di Kabupaten Bintan dan Kota Batam, Batam Green City, dan Pelatihan Pekerja di Kabupaten Karimun.

Gubernur Kepri juga memaparkan proyek Natuna Geopark serta transportasi laut dan udara dari Koh Samui Thailand dan Pulau Langkawi Malaysia ke Kepulauan Anambas.

Dalam agenda CMGF dan IMT GT ini, selain Pemprov Kepri, Pemprov Sumsel, Aceh, Sumbar, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Sumut mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia untuk memaparkan berbagai potensi-potensi yang ada di daerah Pulau Sumatera, khususnya di wilayah provinsi bersangkutan.

Dalam IMT-GT ini banyak sektor kerja sama yang dibahas, terutama pertanian dan agroindustri, pariwisata, produk dan layanan halal serta transportasi, teknologi, perdagangan, investasi, pendidikan, budaya dan lingkungan. (Jam) 

Posting Komentar