Ads (728x90)


BATAM, Realitamedia com
- Perayaan hari raya Idul Adha 1442 H  yang jatuh pada hari Rabu (20/7/2021 ), Polrestabes Barelang  melakukan penyembelihan hewan kurban.

Penyembelihan hewan kurban di gelar di halaman Masjid Jihadul Mucharom Polrestabes  Barelang. Total hewan kurban Polrestabes Barelang 28 ekor yang terdiri dari 6 ekor sapi dan 22 kambing.

Ketua panitia kurban masjid Jihadul Mucharom Polresta Barelang, Sugianto mengatakan pihaknya menyembelih  6 ekor sapi  dan  22 ekor kambing. Hewan  kurban itu berasal dari masyarakat, Kasat Narkoba Polresta Barelang dan personil Polresta Barelang, ucapnya. 

“ Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan setelah disembelih jumlahnya ada 600 kantong yang akan dibagikan kepada warga masyarakat, dan  PNS Polresta Barelang,” ujar Sugianto. 

Sugianto mengatakan untuk pendistribusianya tahun ini pihaknya tidak memakai kupon, panitia  langsung membagikannya ke rumah warga. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid- 19.

Lebih lanjut Sugianto menjelaskan bahwa pihaknya sudah mendata warga yang akan mendapat daging kurban tersebut. Selain untuk anggota dan PNS Polresta Barelang pihaknya juga akan membagikan hewan kurban ke Yayasan, tuturnya. 

Sugianto mengatakan antusias warga untuk berkurban masih tinggi, terbukti walau dimasa pandemi jumlah hewan kurban yang dikurbankan  pada tahun lalu dan tahun ini kurang lebih hampir sama.

Ia menerangkan bahwa proses penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh panitia kurban Polresta Barelang ini sudah  divaksin Covid-19 dan sudah dilakukan test Swab.

 “ Setelah hasil Swabnya dinyatakan negatif baru kita bekerja meneymbelih hewan-hewan kurban tersebut,” kata dia. 

Ia juga menyebutkan jumlah panitianya kita batasi, pihaknya membatasinya seperti di pemotongan ada 3 orang, pencincangan ada 10 orang dan yang lainya bertugas membagikan daging kurban ke masyarakat. 

"Kami mengharapkan dengan perayaan Idul Adha ini masyarakat bisa menjaga diri dari pandemic Covid- 19, berdiam diri di rumah atau mengurangi aktifitas di luar rumah, tutur Sugianto. 

Kita saja yang melaksanakannya dan mengantar daging kurban ke rumah warga,” kata dia menambahkan. 

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polreta Barelang, Kompol Krisna Yowa menuturkan, Satlantas Polresta Barelang dan dirinya berkurban satu ekor sapi dan satu ekor kambing.

“ Mudah- mudahan dengan di tengah pandemi Covid-19 apa yang kami kurbankan dapat membantu masyarakat yang sangat membutuhkannya dan kami juga mengikatkan dengan kurban tahun ini supaya pandemi cepat selesai. Selanjutnya, untuk pendistribusiannya kami serahkan kepada panitia, silahkan bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” katannya. 

Ia menjelaskan pembagian daging kurban tidak seperti tahun-tahun yang sebelumnya, daging kurban itu diantar langsung oleh panitia ke rumah warga, hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan dan penyebaran Covid-19, sambungnya. 

"Nantinya daging kurban itu akan dibagikan kepada masyarakat yang  tinggal di Mapolresta Barelang dan berkoordinasi dengan pihak Masjid, tandasnya. 

"Semoga negara kita bisa bebas dari pandemi Covid-19 ini, agar aktifitas masyarakat dan kegiatan masyarakat pulih kembali,” pungkasnya  (Jam).