-->

Ads (728x90)

Jamaah masjid di Kabupaten Lingga saat menggelar sholat ghoib. (Foto :Dok.Humas Pemkab Lingga /Eni). 

LINGGA, Realitamedia com
– Sejumlah masjid di Kabupaten Lingga menggelar sholat ghaib, usai melaksanakan sholat sunah Jum’at, Jum’at (23/07/2021). Dilakukannya sholat ghoib ini, mengingat meningkatnya angka pasien meninggal akibat dari virus covid-19.

Mewakili Bupati Lingga, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), H. Jaya Atmajaria mengatakan selain untuk keselamatan daerah, menyerukan do’a agar Kabupaten Lingga dijauhi dari wabah penyakit yang tengah mengancam ini, pelaksanaan sholat ghoib juga mendoakan para alhmarhum dan almarhumah yang telah dulu wafat, dalam beberapa hari ini.

Menurut Jaya Atmajaria, pelaksanaan sholat sunah ini turut menyempurnakan rukun jenazah, yang mungkin disholatkan dengan keterbatasan protokol kesehatan akibat penyakit virus covid-nya.

“Intinya pelaksanaan sholat ghaib ini adalah untuk mendoakan mereka yang telah dulu meninggal. Dan memohon agar daerah kita jauh dari wabah penyakit ini,” kata dia saat dihubungi.

Adapun untuk pelaksanaan sholatghaib sendiri sudah berlangsung dibeberapa masjid. Pelaksanaannya berdasarkan imbauan yang dikeluarkan Bupati Lingga yang meminta kepada seluruh takmir masjid se-Kabupaten Lingga agar melaksanakan sholat ghaib.

Dia juga turut mengimbau, bagi masjid atau surau yang belum bisa melakukannya hari ini, untuk kemudian dapat melaksanakan sholat ghaib pada hari berikutnya.

“Kita harap masyarakat ikhlas melakukan sholat ghaib ini. Memohon doa agar kampung kita terlepas dari wabah penyakit,” papar dia.

Dalam beberapa hari ini, duka yang mendalam memang telah menyayat hati masyarakat Kabupaten Lingga. Ada beberapa nama yang yang telah meninggal, mereka ada dari kalangan pejabat pemerintah, hingga masyarakat biasa. Mungkin sebagian besar dikarenakan kasus covid-19 dan meninggal dengan biasa.

“Melihat kondisi ini kita sangat beduka, mudah-mudahan sholat ghoib yang dilakukan ini diijabah Allah SWT. Mereka yang telah pergi dapat tempat terbaik disisi-Nya,” harap Atmajaria. (Hms/Eni) 

Posting Komentar