-->

Ads (728x90)


Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH Memberi Selamat Kepada Tiga Sarjana Yang Lulus Seleksi SIPSS TA 2017 Dan Berhak Mengikuti Seleksi Selanjutnya Di Jakarta (Fhoto : Istimewa)

BATAM, infolingga.com Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH didampingi oleh Karo SDM Polda Kepri, Ombudsman RI Provinsi Kepri memimpin Sidang terbuka kelulusan tingkat panda seleksi SIPSS Tahun Ajaran 2017 yang digelar di gedung Serba Guna Polda Kepri, Nongsa, Batam, Jumat pagi (10/3/2017). Acara ini para pejabat utama Polda Kepri, para bakal calon siswa SIPSS beserta orang tua.

Penerimaan Sarjana Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Ajaran 2017 ini peminatnya sangat tinggi terbukti  sebanyak 107 orang terdiri dari pria sebanyak 82 orang dan wanita sebanyak 24 Orang.

Dalam sambutannya Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH mengatakan pelaksanaan sidang terbuka kelulusan tingkat Panda yang dilaksanakan pada hari ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian kegiatan seleksi penerimaan  SIPSS T.A. 2017 tingkat Daerah yang telah diselenggarakan oleh pihak panitia Daerah Polda Kepulauan Riau sejak tanggal 25 Februari 2017 lalu, dan dilaksanakan dengan mengikut sertakan berbagai instansi sebagai pengawas eksternal seperti halnya Ombudsman RI perwakilan Provinsi Kepri, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Dinas Dukcapil Kota Batam, UPTD Metrologi legal Kota Batam, HIMPSI Indonesia Provinsi Kepri, Rektor Universitas Batam, Ikatan Dokter Indonesia Kota Batam dan LSM FKPM Provinsi Kepri.

“Hadirnya pengawas eksternal tersebut bertujuan agar kegiatan seleksi penerimaan SIPSS T.A 2017  ini dapat terselenggara secara Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis sesuai dengan prinsip penerimaan anggota Polri yang dicanangkan oleh Mabes Polri,” tegas Kapolda.

Ia mengatakan bahwa prinsip-prinsip pada kegiatan seleksi penerimaan SIPSS tersebut  tentunya perlu diimplementasikan oleh seluruh pihak yang berkompeten baik itu pihak panitia penyelenggara, para calon peserta dan orang tua/wali peserta seleksi  maupun pengawas internal serta pengawas eksternal yang telah dibentuk, untuk bersama sama melaksanakan  dan mengawasi setiap tahapan seleksi, baik itu sejak tahap pendaftaran, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan tahap I, pemeriksaan psikologi, pemeriksaan kesehatan tahap II, pemeriksaan administrasi akhir, dan pendalaman PMK (Penulusuran Mental Kepribadian) dan kemudian diakhiri dengan tahap penentuan kelulusan tingkat panda.

Tentunya nilai - nilai yang sudah dipaparkan oleh panitia tersebut, Kapolda percaya merupakan hasil penilaian yang sangat obyektif dan transparan, karena dalam setiap kegiatan pemeriksaan hasil pengujian selalu mengikut sertakan dan melibatkan pihak pengawas eksternal maupun internal.

Disamping para peserta seleksi itu sendiri  secara langsung dapat mengetahui hasil kemampuan yang dimilikinya serta dikoreksi terbuka dan diumumkan pada hari yang sama (one day service).

Tentunya kita sepakat bahwa rangking kelulusan berdasarkan pada penilaian  yang diperoleh para peserta, artinya siapapun yang memiliki nilai akhir yang tertinggi tentu saja memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melanjutkan tahap kegiatan selanjutnya sesuai keputusan Mabes Polri dalam hal ini “kuota kirim peserta polda kepri” yang dapat mengikuti kegiatan seleksi panitia pusat di Sepolwan Lemdiklat Polri-Jakarta, mulai tanggal 12 s/d 26 maret 2017 serta dilanjutkan pembukaan pendidikan pada tanggal 28 maret 2017 di AKPOL Semarang.

Dari 107 yang mengikuti penerimaan SIPSS ini yang lulus hingga ketahap seleksi akhir hanya 3 orang saja, terdiri dari 2 orang pria dan 1 orang wanita yaitu 1. Eriks R. Nainggolan, 2. Febby Nurwinda, 3. Wahyu Ikhwantito.

(R/Jhn)