-->

Ads (728x90)

Peringati Hari Buruh Sedunia, Ribuan Buruh Gelar Aksi Damai di Depan Kantor Walikota Batam
Ribuan buruh menggelar aksi damai membawa spanduk di depan kantor Walikota Batam di Batam Centre, Rabu (1/5/2024) (M Ikhsan /Realitamedia.com)

By M Ikhsan
BATAM, Realitamedia.com
– Dalam memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day, ribuan buruh dari berbagai aliansi menggelar aksi damai di depan kantor Wali Kota Batam, Batam Centre, Rabu (1/5/2024).

Dalam menggelar aksi damai ini, para pendemo membawa spanduk. Tulisan di spanduk itu merupakan tuntutan para buruh. Ada empat tuntutan yang mereka sampaikan di spanduk tersebut diantaranya : cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja, hapus outsourching, tolak PPh 21 yang memberatkan pekerja, Pilkada damai.

Sebelum menuju kantor Walikota Batam ini, para buruh berkumpul di Tumenggung Abdul Jamal.
Dari  Tumenggung Abdul Jamal, para buruh kerkompoi dengan tertib dikawal ketat oleh aparat keamanan.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Dr. Nugroho Tri N, SIK, MH turun langsung memimpin pengamanan aksi damai ini.

Koordinator demo berorasi menyampaikan tuntutan mereka. Ini dilakukan agar Walikota Batam Muhammad Rudi dan Forkopimda Kota Batam dapat menyampaikan aspirasi mereka ke pemerintah pusat.

Dalam orasinya koordinator demo menyampaikan alasan buruh agar UU Nomor 6 tahun 2023 atau yang lebih dikenal dengan UU Omnibus Law Cipta Kerja dicabut lantaran UU tersebut menurut buruh sebagai akar permasalahan bagi kaum buruh. 

Menurut mereka, UU Omnibus Law Cipta Kerja membuat merajalela outsourching atau pekerja magang karena upahnya murah.

Dalam orasinya, koordinator demo juga meminta pajak penghasilan PPh 21 yang mencapai 12 persen direvisi lantaran sangat membebani buruh.

Selain itu mereka meminta agar Undang-undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ditegakkan.

Hingga berita ini diunggah, aksi damai ini masih berlanjut, selain berorasi para pendemo juga bernyanyi. Aksi damai ini berlangsung tertib dan kondusif  (M Ikhsan)


Editor : Patar

Posting Komentar