-->

Ads (728x90)

Karyawan PT Timah Tbk menebar 400 bibit kepiting bakau di Pantai Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Rabu (24/5/2023) (Foto : James/Realitamedia.com)

By James 

KARIMUN, Realitamedia.com - PT Timah Tbk kembali melakukan restocking 400 bibit kepiting bakau di sekitar Pantai Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Rabu (24/5/2023).

Pelepasan bibit kepiting yang dilakukan bersama dengan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang Unit Kerja Tanjung Pinang dan masyarakat sekitar ini tujuannya untuk meningkatkan populasi kepiting bakau

Disela-sela kegiatan tersebut, Perwakilan BPSPL Unit Kerja Tanjung Pinang, Rita Permata  Sari kepada wartawan mengatakan restocking kepiting bakau merupakan salah satu bentuk reklamasi laut yang dilakukan  Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk menjaga ekosistem pesisir.

“ Selain itu, populasi kepiting bakau yang hidup secara alami sudah mulai berkurang. Sehingga dengan restocking ini dapat meningkatkan populasi kepiting bakau,” katanya. 


 

Kemudian Rita Permata Sari mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan restocking kepiting ini, pasalnya selain untuk meningkatkan populasi juga sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan khususnya ekosistem pesisir.

" Kegiatan ini bagian dari upaya melestarikan alam dan lingkungan, sehingga kami dari BPSPL Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat mendukung," katanya.

Menurut Rita kepiting bakau memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi sehingga nantinya bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

"Mungkin kegiatan ini akan menuai hasilnya beberapa tahun ke depan dimana bibit yang kita lepaskan dapat hidup dan berkembang biak dengan baik sehingga nantinya akan memberikan dampak positif untuk para nelayan disekitar sini," ucapnya.

Sementara, Sekretaris Desa Pongkar Murhalim mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk yang telah peduli dengan lingkungan sekitar. Ia berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan juga nelayan.

Ia menyebut sebelumnya PT Timah Tbk juga pernah melakukan kegiatan serupa penebaran bibit kepiting dan juga pemasangan tanggul penahanan abrasi.

“ Hal tersebut dapat mengurangi dampak abrasi di Pantai Pongkar yang sudah sangat kritis," katanya. (jam)


Editor : Herry


Posting Komentar