-->

Ads (728x90)

Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun, Zulmanur Arif didampingi  Kejari  Firdaus membuka Rapat koordinasi Gabungan Tim Pora di  Hotel Aston Karimun, Rabu ((17/5/2023). Foto Humas Imigrasi Karimun. 

KARIMUN, Realitamedia com –
Keimigrasian kantor kementerian hukum dan HAM  Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun, Zulmanur Arif melakukan giat koordinasi tim terhadap pengawasan orang asing di kabupaten Karimun bertempat di Ballroom Hotel Aston Karimun. Rabu ( 17/05/2023 ). 

Sebelum melaksanakan Operasi, terlebih dahulu dilaksanakan Rapat Koordinasi, seluruh anggota Tim Pora yang di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun, Zulmanur Arif dan dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Karimun, Firdaus, S.H., M.H., M.M., M.Ikom., serta perwakilan Polres Karimun, Kodim 0317 Tanjung Balai Karimun, Lanal Karimun, Bea Cukai Karimun, BIN, Kesbangpol Karimun, BNN dan Disnaker Kabupaten Karimun. 

Kemudian, Tim Pora Imigrasi Karimun bersama Kejaksaan Negeri Karimun, Polres Karimun, Kodim 0317 Tanjung Balai Karimun, Lanal Karimun, Bea Cukai Karimun, BIN, Kesbangpol Karimun, BNN dan Disnaker Kabupaten Karimun  melaksanakan Operasi Gabungan di Telunas Beach Resort yang berada di pulau Sugie, Kabupaten Karimun. 

Rapat Koordinasi dimulai dengan membacakan laporan oleh Ketua Pelaksana,, Fajri Dirgantara selaku Kasi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun menyampaikan laporan maksud dan tujuan dari kegiatan Rapat Koordinasi dan Operasi Gabungan Tim Pora ini sebagai pembuka pertemuan tersebut.

"Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi atas program kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun dengan tujuan melakukan pemantauan dan pengawasan langsung terhadap keberadaan dan aktivitas orang asing di wilayah Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau",ungkapnya  kepada awak media Realitamedia com dalam keterangannya persnya, Kamis (18/5/2023). 

Tim Pora Imigrasi Karimun saat melakukan Operasi Gabungan di Telunas Beach Resort yang berada di pulau Sugie, Kabupaten Karimun. 

Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun, Zulmanur Arif, menyampaikan bahwa pembahasan yang akan dilakukan pada Rapat Koordinasi Tim Pora kali ini mengangkat isu-isu hangat yang dilakukan oleh orang Asing, yaitu kegiatan Virtual Office yang diketahui telah terjadi di DKI Jakarta, dan bagaimana antisipasi kedepannya yang harus dilakukan terhadap kegiatan Virtual Office yang dilakukan oleh Orang Asing jika terjadi di Kabupaten Karimun.

“Rapat Koordinasi Tim Pora ini, bertujuan untuk melakukan penguatan pengawasan di setiap unsur Instansi terkait yang termasuk dalam keanggotaan Tim Pora, terhadap kegiatan dan keberadaan Orang Asing khususnya di Kabupaten Karimun,” ujar Zulmanur Arif.

Sementara itu, Kajari Karimun Firdaus, menyampaikan bahwa kegiatan seperti yang dilakukan oleh Tim Pora ini sangat baik, mengingat tugas dan fungsi Tim Pora dalam mengawasi Keberadaan dan Kegiatan Orang Asing yang berada di Kabupaten Karimun.

“Saya berharap, kegiatan/event seperti Tim Pora ini rutin dilakukan, supaya kedepannya sinergitas antara anggota Tim Pora terus berjalan dengan baik dan terciptanya situasi dan Kondisi yang kondusif,” pintanya.

Setelah dilakukannya Rapat Koordinasi, selanjutnya seluruh anggota Tim Pora melaksanakan Operasi Gabungan di Telunas Beach, Pulau Sugie Kabupaten Karimun.

Tim Pora Imigrasi Karimun melakukan foto bersama sebelum berangkat Telunas Beach, Pulau Sugie Kabupaten Karimun

Zulmanur Arif mengatakan, bahwa Target Operasi Gabungan Tim Pora kali ini, adalah Warga Negara Asing yang melanggar peraturan Keimigrasian ataupun peraturan terkait lainnya di Wilayah Kabupaten Karimun.

” Tempat yang menjadi Target Operasi kali ini adalah Telunas Beach Resort,” ujarnya.

Selama di Telunas Beach Resort, Tim Pora melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan Tenaga Kerja Asing yang bekerja di tempat wisata tersebut. Dimana Petugas memeriksa 2 (dua) Orang TKA berkewarganegaraan Amerika yang sedang bekerja sebagai Tour Manager di Telunas Beach Resort.

“Dari pemeriksaan yang kita lakukan, tidak ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Orang Asing, baik pelanggar Peraturan Keimigrasian ataupun Peraturan lainnya. Dan ini merupakan sebuah indikator tolak ukur keberhasilan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pora Kabupaten Karimun,” ujar Zulmanur Arif.

Untuk diketahui Rapat koordinasi dan operasi gabungan ini sebagai bentuk nyata dari penguatan pengawasan dalam rangka pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM Kantor Imigrasi Karimun. (jam) 

Posting Komentar