-->

Ads (728x90)

 

Wabup Natuna Luncurkan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting
Wabup Natuna, Rodhial Huda (2 dari kiri) saat meluncurkan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Posyandu Bunda Ratu, Padang Kurak, Kelurahan Bandarsyah, Bunguran Timur, Rabu (5/6/2024) (Ist /Budi Darma)


By Budi Darma

NATUNA, Realitamedia.com - Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Rodhial Huda Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Natuna, Boy Wijanarko secara resmi meluncurkan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten Natuna tahun 2024 pada Rabu (5/6/2024) pagi di Posyandu Bunda Ratu, Padang Kurak, Kelurahan Bandarsyah, Bunguran Timur.

Launching ini juga dilaksanakan secara daring melalui zoom,  dan dihadiri secara langsung oleh sejumlah kepala OPD Pemkab Natuna, Camat se-Kabupaten Natuna, Perwakilan TP PKK Natuna, TP PKK Kecamatan dan peserta posyandu

Peluncuran Intervensi Serentak Pencegahan Stunting ini tujuannya untuk mendukung keberhasilan kegiatan sesuai dengan arahan dalam surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.5.3/3161/Bangda yaitu terlaksananya intervensi serentak pencegahan stunting di daerah melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, bayi di bawah  5 tahun dan calon pengantin secara berkelanjutan yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2024.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Natuna ini mengatakan capaian intervensi stunting Kabupaten Natuna yaitu sebesar 12,35% (EPPGM Februari 2024) dan 16% (SKI 2023).

Ia berharap upaya pencegahan stunting tidak hanya dilakukan pada saat melakukan launching tetapi dilakukan secara terus-menerus dengan mengajak seluruh masyarakat berkunjung ke posyandu.

Beliau mengakui bahwa sepanjang tahun terakhir ini upaya untuk menekan angka stunting mengalami kemajuan yang signifikan.

Tetapi menurutnya bahwa hal yang paling penting, tidak hanya meninjau capaian tersebut tetapi harus memperkuat strategi, meningkatkan kualitas data dalam upaya mencapai kebijakan yang lebih tepat dan efektif, serta evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan intervensi dengan menghasilkan perubahan yang diharapkan.

Wakil Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu menyukseskan kegiatan dalam upaya mencegah stunting di Kabupaten Natuna.

Di tempat yang sama, Camat Bunguran Timur, Hamid Hasnan kepada wartawan mengatakan kegiatan posyandu dalam rangka intervensi pencegahan stunting ini dihadiri lebih dari 50% dari jumlah peserta Posyandu Bunda Ratu.

“ Posyandu Bunda Ratu saat ini berjumlah 94 balita, lebih dari 50% menghadiri kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat mencapai tujuan kita dalam upaya mencegah stunting di Kabupaten Natuna,”kata Hamid Hasnan. (Bu)

Editor : Patar





Posting Komentar