-->

Ads (728x90)

Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Bacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
Bupati Wan Siswandi saat memimpin upacara memperingati Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Sabtu (01/06/2024) (Ist/Budi Darma)

By Budi Darma

NATUNA, Realitamedia.com – Bupati Natuna, Wan Siswandi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, bertempat di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Sabtu (01/06/2024) pagi.

Upacara ini dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Natuna, seluruh OPD Pemkab Natuna, camat, lurah.

Bupati Natuna bersama seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Kurung Khas Melayu. Pada upacara ini, Bupati Natuna membacakan Pancasila diikuti oleh Peserta Upacara.

Dalam sambutannya, Bupati Wan Siswandi menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang mengatakan dalam momentum yang sangat bersejarah ini, ia mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

"Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini,” tegasnya.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“ Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia," katanya.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, beliau yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

“ Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Bupati berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat menjadi momentum untuk menjadi lebih baik dalam menjaga kesatuan, kerukunan dan kebersamaan dengan konsisten mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Selain itu, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” kata Bupati.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. 

Tema tersebut, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Adapun logo peringatan hari lahir pancasila berupa Sandaya Taru yang berarti Pohon Persatuan. Logo ini mencerminkan persatuan, gotong royong, dan kesetaraan. Sandaya Taru atau Pohon Persatuan tercipta dari nilai Pancasila ketiga “Persatuan Indonesia” dengan simbol Pohon Beringin mencerminkan sebuah persatuan, sikap gotong royong, dan kesetaraan. (Bu)

Editor : Patar


Posting Komentar