-->

Ads (728x90)

Wabup Karimun Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024
Wabup Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Gedung Nilam Sari, Sabtu (01/06/2024) (James /Realitamedia.com)

By James 

KARIMUN, Realitamedia.com – Karena diguyur hujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun terpaksa menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Gedung Nilam Sari, Sabtu (01/06/2024).

Upacara ini dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si, dihadiri unsur Forkopimda Karimun, seluruh OPD di lingkungan Pemkab Karimun, camat dan lurah.

Dalam sambutannya, Wabup Karimun mengatakan Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara. 

“ Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” katanya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika".

Dikatakannya, Hari Lahir Pancasila diartikan dapat terlaksana dan menghayati inti sari dari Pancasila itu sendiri di tengah kehidupan masyarakat Indonesia terutama masyarakat Kabupaten Karimun.

Ia menyebut Hari Lahir Pancasila diperingati untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam pengayoman persatuan dan kesatuan untuk Republik Indonesia melalui NKRI.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". 

Menurutnya tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. (Jam)

Editor : Patar


Posting Komentar