-->

Ads (728x90)

Harga Cabe di Karimun Melonjak Naik, Dinas Pangan dan Pertanian Karimun Akan Import Cabe dari Aceh
Cabe di Pasar Puan Maharani, Rabu (28/2/2024) (James / Realitamedia.com)

By James

KARIMUN, Realitamedia.com
– Di Karimun banyak petani cabe gagal panen, sehingga stok cabe di pasar menipis mengakibatkan harga cabe merah merangkak naik hingga tembus Rp 90 ribu lebih perkilogram.

Tingginya harga cabe ini membuat para ibu rumah tangga mengeluh mengingat bulan suci Ramadhan kurang dari dua pekan lagi.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun Sukrianto Jaya Putra saat ditemui awak media Rabu (28/2/2024) mengatakan pihaknya akan mengimpor cabe merah dari daerah Aceh dan Mataram.

“ Kalau dari Sumatera Barat harga cabe juga tinggi saat ini," katanya.

Sukri mengatakan pihaknya bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karimun sudah melakukan survei di lapangan serta menggalakkan petani lokal untuk mulai menanam bibit cabe merah.

"Kita sudah galakkan ke petani lokal untuk mulai menanam cabe merah secara masif, agar tiga bulan ke depan setelah dapat dipanen stok cabe bisa mencukupi," sambungnya.

Dinas Pangan dan Pertanian Karimun bersama TPID juga akan memanfaatkan program Fasilitasi Distribusi Pangan yang merupakan bagian dari kebijakan Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP).

"Fasilitasi Distribusi Pangan ini adalah program dari Badan Pangan Nasional pusat dimana mereka nantinya akan memberikan bantuan dengan menanggung biaya transportasi untuk mengangkut cabe merah dari Aceh ke Karimun sehingga harga jual cabe merah di pasaran bisa stabil," katanya.

Dikatakannya untuk mendapatkan program bantuan Fasilitasi Distribusi Pangan tersebut, pihaknya terlebih dahulu harus menghitung serta memiliki penjamin dari segi kelembagaan koperasi.

Ia menyebut bahwa saat ini sudah ada Koperasi Pasar Puan Maimun, nantinya mereka terlebih dahulu harus mengisi blanko serta hitungan-hitungannya baru kemudian dilanjutkan dengan menyurati Badan Pangan Pusat melalui Provinsi.

“ Saya berharap dengan adanya bantuan program tersebut, stabilitas harga pangan di Kabupaten Karimun bisa tetap stabil menjelang datangnya bulan Ramadhan serta hari raya Idul Fitri nantinya,” katanya. (Pri)


Editor : Patar

Posting Komentar