-->

Ads (728x90)

Project Usoyaro si Mesin Pembersih Tubuh dan Pikiran
Mesin cuci manusia. (Foto: Science)



JAKARTA, Realitamedia.com - 'Mesin cuci manusia' sedang dikembangkan di Jepang oleh para ilmuwan. Mesin ini bisa untuk membersihkan tubuh dan pikiran penggunanya.

Dikutip dari detikInet yang melansir dari Daily Mail, mesin mandi ultrasonik ini akan membersihkan si pengguna dengan air berkecepatan tinggi yang mengandung gelembung udara sangat halus untuk menghilangkan kotoran dari pori-pori.

Dikembangkan oleh Science, perusahaan teknologi yang berbasis di Osaka, produk yang dijuluki "Project Usoyaro" ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2024, dan dijadwalkan memulai debutnya di Osaka Expo 2025.

"Fungsi produk ini tak hanya membersihkan tubuh tetapi juga 'pikiran' agar lebih rileks dan senyaman mungkin bagi penggunanya," kata juru bicara Science.

Apa sih yang dilakukan mesin cuci manusia ini? Penggunanya tinggal duduk di kursi mandi dan disiram dengan air serta gelembung mikro yang menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit mereka.

Sebuah sensor juga terpasang di kursi yang terhubung ke elektrokardiograf untuk mengukur detak jantung pengguna. Para peneliti saat ini menggunakan alat tersebut untuk memantau keadaan sistem saraf pengguna, dan melihat seberapa santai mereka saat menonton video yang ditampilkan pada layar tahan air di mesin tersebut.

Data ini akan digunakan untuk melatih AI yang akan dapat secara otomatis memilihkan konten yang paling menenangkan bagi pengguna.

Sebenarnya, Project Usoyaro sebenarnya bukan teknologi baru. Produk ini terinspirasi mesin serupa berbentuk seperti telur yang diciptakan Sanyo Electric dan dipamerkan di Paviliun Osaka pada Expo Osaka 1970.

Ketua Science, Yasuaki Aoyama, menghadiri pameran ketika ia berusia 10 tahun dan terpesona penemuan itu. Sanyo kemudian menerapkan teknologi ini pada mesin cucinya yang merupakan yang pertama di pasar domestik.

Meskipun teknologi ini selalu mengusik pikirannya, motivasi Aoyama menciptakan teknologi untuk mandi ini lebih bersifat personal. Itu karena salah seorang putrinya menderita radang kulit yang disebabkan klorin dalam air keran, yang berarti dia tidak bisa mandi seperti orang lain.

Sekitar 20 tahun yang lalu, dia meminta seorang teman untuk mengembangkan kepala pancuran yang dapat diisi bahan kimia yang menghancurkan klorin saat air melewatinya.

Hal ini sangat membantu putrinya dan Aoyama ingin membuat sistem mandi yang dapat membantu orang lain dengan kondisi serupa. Dia mempelajari gelembung halus yang diciptakan gelombang ultrasound digunakan untuk membersihkan komponen elektronik.

Setelah beberapa tahun dalam pengembangan, Aoyama menghadirkan teknologi pencucian yang menghasilkan gelembung dengan diameter hanya tiga mikrometer, dan menghilangkan kotoran serta klorin dari kulit.

Dia kemudian mendirikan Science pada tahun 2007 yang menjual produk kepala pancuran bernama Mirable. Produknya ini digunakan baik di rumah maupun di rumah sakit di seluruh dunia. (detik.com)



Posting Komentar