-->

Ads (728x90)

Babinsa Edi Sufriyadi Sosialisasikan Geopark Natuna Kepada Siswa SMA Negeri I Bunguran Tengah

NATUNA, Realitamedia.com – Dalam rangka TMMD Ke-110 Kodim 0318/Natuna, Babinsa Desa Harapan Jaya, Kopda Edi Sufriyadi melaksanakan sosialisasi Geopark Natuna kepada siswa-siswi SMAN 1 Bunguran Tengah di Ruang Biologi SMAN 1 Bunguran Tengah, Jumat (05/03/2021).

Kegiatan TMMD Ke-110 Kodim 0318/Natuna kali ini mengusung Motto “ Wujud Sinergi Membangun Negeri”

Dalam kesempatan ini Babinsa menyampaikan pentingnya menjaga kelestarian alam, dimana Geopark merupakan sebuah wilayah Geografi tunggal atau gabungan yang memiliki situs warisan geologi dan bentang alam yang bernilai, terkait aspek warisan Geologi, keragaman hayati dan keragaman budaya. 

Dimana didalam nya tidak hanya sebagai tempat konserpasi namun juga sebagai sarana ilmu pengetahuan serta pengembangan ekonomi masyarakat tempatan melalui geowisata.

Natuna memiliki Wilayah banyak keragaman salah satu warisan dunia yang di kelola menjadi Geopark dengan tujuan untuk melawan kerusakan lingkungan, menjaga dan melestarikan warisan tersebut khususnya bagi kaum millenial atau kaum muda sebagai generasi penerus bangsa.

Selanjutnya, Babinsa memperkenalkan 8 (delapan) dari beberapa geopark yang ada di Natuna, diantaranya Tanjung Datuk (Desa Pengadah) Kecamatan Bunguran Timur Laut, Pantai dan Lubang Kamak/Goa Kamak (Desa Pengadah) Kecamatan Bunguran Timur Laut, Pulau Senua (Desa Sepempang) Kecamatan Bunguran Timur, Tanjung Senubing (Kelurahan Ranai) Kecamatan Bunguran Timur, Gunung Ranai (Kelurahan Ranai Darat) Kecamatan Bunguran Timur, Batu Kasah (Desa Cemaga Tengah) Kecamatan Bunguran Selatan, Pulau Akar (Desa Cemaga) Kecamatan Bunguran Selatan, Pulau Setanau (Desa Sabang Mawang) Kecamatan Pulau Tiga. 

Babinsa juga berpesan apabila ada kegiatan wisata dari sekolah ataupun libur supaya siswa menjadi contoh bagaimana menjaga lingkungan tempat wisata tersebut terjaga kebersihan dan kelestarian alamnya, karena geopark juga membantu pengembangan wilayah meningkatkan ketahanan masyarakat dari bencana,  mendidik masyarakat pada kehidupan yg lebih baik dengan menghormati budaya yang beragam.

Turut Hadir dalam Kegiatan ini, majelis guru SMAN 1 Bunguran Tengah Tantri Apriyana dan Iva Nur Rosita, guru pendamping siswa Lareza Saputra (guru seni dan budaya), siswa-siswi SMAN 1 Bunguran Tengah 20 orang.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan sosialisasi terhadap masyarakat.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Posting Komentar