-->

Ads (728x90)

Diskominfo Tanjungpinang Siarkan MTQ XV Tingkat Kota Tanjungpinang Secara Live Streaming


TANJUNGPINANG, Realitamedia.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanjungpinang, Ruli Friady mengatakan pihaknya akan menyiapkan perangkat virtual dan jaringan internet untuk siaran langsung (live streaming), untuk mensukseskan rangkaian kegiatan pembukaan dan penutupan acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV tingkat Kota Tanjungpinang, 

"Kita memberikan akses bagi masyarakat yang ingin menonton acara MTQ tanpa harus datang ke lokasi. Karena nanti, pengunjung juga dibatasi, guna membatasi kontak dan meminimalisir risiko terpapar Covid-19,"kata Ruli Friady, di ruang kerjanya, Selasa (23/3/2021).

Ia menyebutkan untuk persiapan  layout monitor  juga telah dipersiapkan. Khusus pertandingan, kita juga menyiapkan monitor agar pengunjung bisa melihat lebih dekat.

"Semua sudah kita koordinasikan dengan Kesra. Kalau pembukaan dan penutupan, masyarakat dapat menyaksikan acara MTQ melalui Live Streaming di Channel YouTube Diskominfo Kota Tanjungpinang," tambahnya

Untuk kelancaran kelancaran acara MTQ secara live, kata Ruli, pihaknya telah melakukan segala persiapan seperti penyediaan jaringan internet hingga ke lokasi arena utama.

Ia menyebutkan telah meminta provider, menarik akses internet yang ada di gedung Aisyah dan di Astaka depan gedung daerah untuk memancarkan sinyal internet untuk live streaming acara pembukaan dan penutupan.

Disamping live streaming, dinas kominfo juga membantu panitia mempersiapkan aplikasi penilaian untuk informasi penjurian MTQ.

"Aplikasi kita dibantu pemprov Kepri dan MoU sudah dipersiapkan. Aplikasi berbasisi website ini bisa diakses melalui https://mtq.tanjungpinangkota.go.id," sebut Ruli

Pada aplikasi ini, kita bisa melihat jadwal pelaksanaan setiap cabang lomba, jumlah peserta, dan nilai akhir penjurian.

"Saat menggunakan aplikasi, dewan juri akan didampingi tim IT diskominfo," pungkasnya

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Tanjungpinang, Saparilis mengatakan pelaksanaan MTQ XV yang diadakan di pelataran Gurindam 12, dimulai dari Minggu (28/3) dan berakhir pada Kamis (1/4).

Cabang yang dilombakan dalam MTQ ini meliputi, cabang tilawah, tahfiz quran dan hadis, serta kompang dan marawis.

"Kita sudah mendata 500 orang dari panitia, peserta, dewan hakim, dan undangan pada acara pembukaan dan penutupan. Semuanya menjalani rapid test antigen yang dilakukan dinas kesehatan," ucapnya.

Untuk membatasi pengunjung di arena utama, lanjut Saparilis, pihaknya meminta dukungan dinas kominfo untuk menyiarkan secara live streaming.

"Jadi, masyarakat bisa menonton dari rumah atau di luar arena MTQ," ucapnya.

Persiapan dalam pelaksanaan MTQ ini, kata Saparilis, terus digesa. Hingga hari ini, kita masih menunggu kecamatan mendaftarkan pesertanya.

"Harapannya, semuanya berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Sehingga, kota Tanjungpinang bisa menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik untuk tampil di ajang MTQ tingkat provinsi," tutupnya. 

(MC Dinas Kominfo)


Posting Komentar