-->

Ads (728x90)

 

Cegah Banjir, Pemkab Asahan Lakukan Normalisasi Pembuangan Saluran Air



ASAHAN, Realitamedia.com
– Untuk mencegah terjadinya banjir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan Normalisasi saluran pembuangan air yang berada di daerah Kebun Sei dadap yang merupakan Alur pembuangan air dari Kisaran Naga, alur pembuangan air di seputaran Jalan Sutami dan alur pembuangan air di parit busuk belakang stadion mutiara serta alur pembuangan air Karang Anyar.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan  Rahmat Hidayat kepada sejumlah awak media , Selasa (30/3/2021) mengatakan Sejak kemarin, Dinas PUPR mulai merealisasikan pekerjaan normalisasi saluran pembuangan air di sejumlah parit guna mengantisipasi banjir disaat musim hujan dan ini merupakan Wujud nyata dari janji politik Surya – Taufik

Pemkab Asahan, katanya,  sudah siapkan satu unit alat berat ekskavator yang akan difungsikan untuk kegiatan normalisasi saluran air dimulai sejak kemarin (24/3/2021) yang akan dikerjakan dibeberapa titik.

Sesuai instruksi Bupati Asahan, normalisasi parit/kanal akan menjadi prioritas di beberapa titik rawan genangan air, mengingat kondisi saluran air tersebut sudah sangat memprihatinkan karena dipenuhi sampah-sampah  dan semak rerumputan.

Ia menyebutkan pihaknya akan melakukan normaliasasi di titik titik yang menjadi penyebab banjir pada saat musim hujan, dan akan menggunakan Alat berat untuk membuka kembali saluran air yang hilang karena tertimbun tanah.

" Kita akan melakukan Normalisasi terhadap titik-titik yang menjadi penyebab banjir secara bertahap" ujar Hidayat.

Dikatakannya, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa dalam rangka mengatasi dampak banjir di kota Kisaran telah dilakukan gotong royong di jalan Cokroaminoto beberapa waktu yang lalu yang juga di ikuti Bupati dan Wakil Bupati serta  juga diikuti gotong royong di tiap kelurahan.

“ Ppengerukan pada saluran buangan air dimaksudkan  agar daya tampung air lebih besar lagi dari sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan normalisasi saluran pembuangan  air yang berada di Kota Kisaran yang dilakukan saat ini merupakan langkah nyata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan  dalam mengatasi banjir yang selalu melanda Kota Kisaran pada saat hujan turun.

Langkah yang diambil saat ini,katanya,  dengan melakukan pengerukan pada lokasi lokasi buangan air adalah merupakan realisasi dari salah satu janji politik pasangan Surya-Taufik pada saat kampanye yang lalu, yaitu Kota Kisaran bebas banjir.

Dalam mewujudkan Kota Kisaran bebas banjir, Bupati  juga meminta peran serta masyarakat dalam mengatasi permasalahan banjir dengan cara menjaga lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Peran serta masyarakat lebih penting dan menjadi solusi awal, ketika pemerintah juga mempersiapkan solusinya dimana produsen sampah terbesar adalah manusia, maka manusialah yang menjaga lingkungan untuk tetap terjaga agar sampah tidak terbuang bukan pada tempatnya,” ujar Bupati Asahan.

Bupati Asahan juga menghimbau kepada masyarakat bekerjasama dengan pihak kelurahan untuk secara berkala melakukan gotong royong membersihkan saluran air dan diharapkan kepada masyarakat untuk tidak menutup saluran air.
(Ten)

Posting Komentar