-->

Ads (728x90)

Akun Palsu Facebook Mencatut Nama Marlin Agustina Beredar, Masyarakat Dihimbau Berhati-Hati


BATAM, Realitamedia.com - Akun palsu beredar di media sosial Facebook yang menggunakan foto Ketua PKK Kota Batam yang juga Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Marlin Agustina. Berdasarkan riwayat pembuatan akun palsu tersebut telah aktif sepekan terakhir dengan nama akun Marlin Agustina, sementara pekerjaaannya Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

Tak hanya mencatut nama dan foto, oknum yang mengatasnamakan Marlin Agustina di Facebook tersebut, juga sampai melakukan percakapan melalui Messenger ke pengguna Facebook lain, untuk meminta nomor WhatsApp, kemudian meminta enam angka yang dikirimkan ke nomor SMS calon korban.

Melihat kepada kasus – kasus penipuan dengan modus serupa, upaya penipuan ini ditengarai berujung pada pembajakan aplikasi Whatsapp korban.

Untuk diketahui SMS berisi enam angka tersebut merupakan kode verifikasi dari WhatsApp. Para pelaku kejahatan tersebut sedang berusaha untuk membajak atau mengambil alih akun WhatsApp.

Caranya, pelaku menginstal akun WhatsApp dan mendaftarkan nomor ponsel korban di akun tersebut. Untuk mengambil alih akun itu, para pelaku kejahatan butuh enam digit kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel korban oleh WhatsApp. Setelah nomor WA diambil alih, pelaku akan menipu para korban dengan meminta sejumlah uang atas nama pemilik telepon seluler.

Karena nomor ponsel tidak ada pada pelaku kejahatan, pelaku melakukan rekayasa sosial dengan membujuk korban memberikan SMS berisi enam angka.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Batam Azril Apriansyah membenarkan adanya akun palsu Facebook Marlin Agustina dengan link https://www.facebook.com/marlin.agustina.98

“Jangan pernah memberi nomor handphone atau kode verifikasi kepada orang yang mengatasnamakan Marlin Agustina pakai akun palsu” katanya.

Ia menegaskan akun Facebook asli yang digunakan Marlin Agustina adalah link https://www.facebook.com/marlinagustinarudi

Azril berharap masyarakat agar berhati-hati dalam bermedia sosial dan tidak mudah tertipu akun yang mengatasnamakan orang lain.

“Dimohon untuk tidak merespon semua percakapan atau permintaan mengatasnamakan Marlin Agustina via facebook tersebut,” tutupnya. (MCB)


Posting Komentar