-->

Ads (728x90)

Data Disdikbud Karimun Terkait Jumlah Siswa SD yang Mengikuti Ujian TA 2023/2024 Carut Marut
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sugianto (Ist /James)

By James

KARIMUN, Realitamedia.com – Penghitungan data tabel terkait tingkat kelulusan Sekolah Dasar (SD) sederajat, negeri maupun swasta yang diberikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  Kabupaten Karimun carut marut.
 
Dari 13 kecamatan, jumlah siswa dari data yang diberikan oleh Linda selaku Kabid SD Disdikbud Kabupaten Karimun kepada awak media, ada 4 kecamatan jumlah total siswanya yang salah hitung.
Adapun 4 kecamatan yang jumlah total siswanya yang salah hitung sesuai data tabel tersebut, diantaranya :

  • Kecamatan Meral jumlah siswa laki-laki sebanyak 445 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 406 orang. Totalnya, 851 siswa tetapi di tabel tersebut ditulis 881 siswa.
  • Kemudian Kecamatan Meral Barat, jumlah siswa laki-laki sebanyak 185 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 184 orang. Totalnya 369 orang, tetapi di tabel tersebut ditulis totalnya 349 orang,
  • Kecamatan Belat, jumlah siswa laki-laki sebanyak 59 orang, jumlah siswa perempuan 42 orang. Totalnya 101 orang, ditulis di tabel tersebut jumlahnya 91 orang. 
  • Demikian halnya di Kecamatan Kundur Utara, jumlah siswa laki-laki sebanyak 83 orang, jumlah siswa perempuan sebanyak 89 orang. Totalnya sebanyak 172 orang, tetapi di tabel itu ditulis 162 orang.

Berikut ini tabel yang diterima dari Disdikbud Kabupaten Karimun : 

Data Disdikbud Karimun Terkait Jumlah Siswa SD yang Mengikuti Ujian TA 2023/2024 Carut Marut
Sumber : Disdikbud Karimun


Ketika dikonfirmasi terkait kesalahan data tersebut, Linda hanya memberikan data tabel kelulusan tingkat SD dari Kecamatan Meral, seperti berikut di bawah ini :

Sumber : Disdikbud Kabupaten Karimun

Data tersebut juga ada yang salah hitung, jika ditotal dari seluruh siswa laki-laki dan perempuan di Kecamatan Meral tersebut berjumlah 881 orang. Padahal jika diteliti jumlah total seluruh siswa di 13 sekolah di kecamatan tersebut sebenarnya 851 siswa. 

Perbedaan tersebut disebabkan adanya kesalahan hitung terhadap jumlah siswa SD swasta 005 Cahaya Meral, jumlah siswa laki-laki berjumlah 55 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 59 orang, jika dihitung totalnya sebanyak 114 siswa, tetapi di tabel tersebut ditulis 144 siswa.

Akibat kesalahan penghitungan jumlah siswa di SD swasta 005 Cahaya Meral tersebut mengakibatkan jumlah total siswa di Kecamatan Meral jadi salah, seharusnya jumlah total siswanya 851, tetapi di tabel tersebut ditulis jumlahnya 881 siswa.

Jumlah total seluruh siswa untuk 13 kecamatan juga ada kesalahan, di data tersebut ditulis jumlahnya 4.618 siswa,  padahal jika dihitung total seluruh siswa berjumlah 4.630.

Untuk tingkat kelulusan sesuai data tersebut dari 13 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Karimun, 8 kecamatan tingkat kelulusannya 100 %, sisanya 5 kecamatan lagi tingkat kelulusannya mencapai 99 %.

Berdasarkan data tersebut ada 5 siswa yang tidak lulus ujian, 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Kelima siswa tersebut berasal dari Kecamatan Karimun 1 orang (perempuan), Kecamatan Meral 1 orang (laki-laki), Kecamatan Buru 1 orang (laki-laki), Kecamatan Moro 2 orang, 1 laki-laki dan 1 perempuan.

Hingga berita ini diupload Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sugianto belum bersedia memberikan keterangan terkait kesalahan penjumlahan jumlah siswa di tabel tersebut.

Disdikbud Kabupaten Karimun diharapkan segera memberikan klarifikasi terkait data tersebut. Agar pemberitaan di media tidak simpang siur, sebab dapat membingungkan masyarakat. (Jam)

Editor : Patar

Posting Komentar