-->

Ads (728x90)



KARIMUN, Realitamedia com - Sat Polairud Polres Karimun melakukan penyekatan terhadap pendatang dengan sarana angkut motor pompong nelayan yang masuk di perairan Sungai Pasir, Pantai Grace Marin saat arus balik mudik lebaran di wilayah Kabupaten Karimun. 

Petugas langsung menggiring  kapal tersebut untuk diperiksa lebih lanjut, Kamis (20/5 /2021) pukul 14.00 WIB.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, S.IK melalui Kasat Polairud Iptu Binsar Samosir mengatakan, penyekatan arus balik ini berawal dari petugas saat melakukan patroli melihat keberadaan kapal kayu atau kapal nelayan membawa penumpang  berjumlah 16 orang yang berasal dari daerah Topang, Kabupaten. Meranti, Provinsi Riau  di perairan Sungai Pasir, Pantai Grace Marine, Kecamatan Meral Kabupaten Karimun. 

"Terdapat  16 ( enam belas ) orang penumpang termasuk tekong yang terdiri dari 10 ( sepuluh) orang dewasa dan 6 ( enam ) orang anak anak  yang berangkat dari Topang Kabupaten Meranti,  Provinsi Riau menuju ke Kabupaten Karimun, "kata  kata Kapolres AKBP Muhammad Adenan, S.IK

Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir menerangkan  setelah berhasil diamankan, selanjutnya pihaknya melakukan koordinasi kepada petugas Covid-19 di Meral dan menyerahkan terkait penyekatan pemudik yang baru tiba di Karimun. 

Ia menjelaskan maksud dan tujuan kapal kayu atau  sarana angkut motor pompong nelayan datang dari daerah Topang, Kabupaten Meranti ke Kabupaten Karimun tujuan menghadiri pesta pernikahan keluarganya yang bernama Indra yang beralamat Teluk Uma, RT 003 RW 007 Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun.

Kasat mengatakan para penumpang dan tekong tersebut, kemudian dilakukan pemeriksaan serta kondisi kesehatan. 

Selanjutnya, menyerahkan pemudik yang baru tiba ke Kabupaten Karimun kepada satgas Covid-19  Kecamatan Meral.

"Pemeriksaan kesehatan para penumpang dan tekong yang berjumlah 16 orang tersebut dilakukan dengan tes GeNose, didampingi oleh Satgas Covid-19 di Pelabuhan Internasional,"ucapnya.

Binsar menjelaskan dari hasil tes GeNose yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 terhadap 16 orang tersebut dinyatakan negative Covid.

" Dalam patroli ini sendiri jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 6 personil Satpolairud Polres Karimun,kata Binsar Samosir.

Untuk diketahui, Pelaksanaan patroli ini merupakan bentuk tindaklanjut dari Surat Edaran Pemerintah melalui Kepala Satgas penanganan Covid-19, nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri tahun 1442 hijriah mulai 6-17 Mei 2021, yang merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan nomor 13 tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa Idulfitri 1442 Hijriah.(Nababan).

Posting Komentar