-->

Ads (728x90)

Ingin Mengetahui Tingkat Kedisiplinan ASN, Bupati Sergai Sidak di Kantor Camat Sipispis dan Tebing Syahbandar


SERGAI, Realitamedia.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya  melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Camat Sipispis, Senin (24/5/2021) pagi. 

Sidak itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan para ASN serta melihat kinerjanya khususnya pada pelayanan public. Kedatangan Bupati Darma Wijaya disambut antusias oleh jajaran Pemerintahan Kecamatan  Sipispis.

“ Saat ini Pemkab Sergai dibawah kepemimpinan saya selaku Bupati dan Wakil Bupati Adlin Tambunan sedang fokus pada peningkatan layanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, seluruh jajaran ASN ketika jam kerja harus disiplin dan ada di tempat,”  ungkap Bupati.

Merespon atas ketidakhadiran beberapa pegawai, membuat Bupati Sergai menginstruksikan untuk mengumpulkan seluruh ASN yang hadir.

" Coba kumpulkan semua pegawai, saya ingin tahu jumlah kehadiran saat ini," pinta Bupati kepada Kasipem Kecamatan Sipispis.

Hasilnya dari 22 pegawai yang ada, hanya 50 persen atau 11 orang yang hadir. Mengetahui ini, Bupati memerintahkan Kasipem untuk mengecek alasan ketidakhadiran pegawai.

"Pegawai yang tidak hadir baik itu izin dan tanpa keterangan ditegur dan dicek kebenarannya," tegas Bupati.

Dalam arahannya, Bupati Darma Wijaya juga meminta agar seluruh ASN melakukan pembenahan dan tetap menjaga kebersihan. Untuk berkas yang sudah lama dan kusam diganti dengan yang baru.

"Saya ingin melihat sejauh mana pegawai di kecamatan ini maksimal melayani masyarakatnya. Saya akan evaluasi ini,"ungkapnya.

Terkait dengan alasan 6 (enam) orang pegawai honorer di kecamatan Sipispis yang dirumahkan. Bupati mengatakan bahwa itu semua dilakukan agar kinerja pegawai dimaksimalkan.

"TPP sudah bertambah, harusnya kinerja pegawai dimaksimalkan, jangan hanya melimpahkan pekerjaan ke honorer. Kedepannya kita akan lihat, mana honorer yang layak dan tepat fungsi akan kita panggil lagi,"tegasnya.

Kemudian Bupati juga mengingatkan bahwa pengurusan KTP dan administrasi kependudukan warga di Kecamatan Sipispis akan dipusatkan ke Dolok Merawan.

"Ini rencana kita, jangan lagi kepengurusan administrasi penduduk dipusatkan di Kantor Disdukcapil di Sei Rampah. Inshaa Allah bulan depan program ini akan berjalan," jelasnya.

Tak lupa Bupati Darma Wijaya juga meminta kepada pihak kecamatan untuk bersama bersinergi membernatas peredaran narkoba dan menyampaikannya kepada Perangkat Desa.

"Narkoba harus diberantas. Silahkan langsung kirim pesan ke saya beserta buktinya kalau takut untuk melapor ke polisi. Saya akan minta Kapolres untuk menangkap pelakunya,"tandas Bupati.

" Ganti Data Lama dan Tingkatkan Disiplin Pegawai ,"katanya.

Usai melakukan sidak di Kecamatan Sipispis, dihari yang sama Bupat Sergai H. Darma Wijaya kembali melanjutkan aktivitasnya dengan kembali menyidak Kantor Camat Tebing Syahbandar.

Saat tiba di Kantor Camat Tebing Syahbandar, Bupati Darma Wijaya meminta seluruh Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa untuk memperbaharui data yang ada di setiap kantor pemerintahan di Kabupaten Sergai, kata Bupati sembari mengecek papan data yang ada di kantor tersebut.

" Kepada seluruh OPD, Camat dan Kepala Desa/Lurah, saya minta agar memperbaharui datanya secara rutin. Baik itu data jumlah penduduk, imbauan, susunan pengurus PKK dan data lainnya. Ini penting sebagai bahan acuan dalam mengambil kebijakan kedepannya,"ungkap Bupati.

Kemudian, Bupati menegaskan agar seluruh ASN dan pegawai yang ada di jajaran Pemkab Sergai maksimal dalam melayani masyarakat khususnya terkait administrasi kependudukan.

Bupati juga menyoroti tentang masih rendahnya kesadaran pegawai untuk masuk kerja ke kantor. Terbukti dari 21 pegawai yang ada, hanya 11 orang yang masuk kantor di Kecamatan Tebing Syahbandar. Sedangkan sisanya yang tidak hadir dengan alasan cuti, sakit dan tanpa keterangan.

" Jika Camat ada tugas Dinas Luar itu gak masalah, tapi yang tanpa keterangan ini artinya kan bolos bekerja. Saya mau melihat kedisiplinan pegawai dan saya minta ini diperbaiki. Saya mau kita semua melayani, bukan dilayani,"tegasnya.

Darma Wijaya juga menjelaskan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar dan Bandar Khalifah akan dipusatkan di Kecamatan Tebing Syahbandar.

"Insha Allah bulan depan program pengurusan KTP, KK dan administrasi kependudukan lainnya akan dipusatkan disini. Hal ini untuk menghindari penumpukan berkas di Kantor Disdukcapil Sei Rampah. Selain itu, simpul pelayanan ini tentunya akan mempermudah masyarakat karena telah memangkas jarak dan waktu, "tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sergai Ny  Hj. Rosmaida Darma Wijaya yang turut hadir mendampingi Bupati, meminta agar PKK tingkat kecamatan melakukan pembinaan terhadap PKK desa.

" Kepada PKK desa, saya minta agar rajin membersihkan pekarangan kantor maupun pekarangan rumah. Dengan lingkungan yang bersih tentu akan terlihat indah serta nyaman. Oleh karenanya, tanamlah bunga seperti bunga trompet kuning. Jangan tunggu kami datang untuk penilaian baru membenahi desanya. Semua itu bisa dilakukan dengan bersinergi bersama pasukan merah untuk urusan keindahan di sekitar taman," saran Ketua TP PKK Sergai. (Bal)

Posting Komentar