-->

Ads (728x90)


KARIMUN, Realitamedia com - Personel Satpolairud Polres Karimun kembali  mencegah dua kapal nelayan yang ingin masuk ke Kabupaten Karimun melalui perairan Selat Gelam, Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun, Sabtu (22/5 /2021) sekira pukul 10 00 WIB hingga 12 30 WIB.

Patroli penyekatan yang digelar oleh Satpolairud Polres Karimun itu untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Karimun.

Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir mengatakan kapal patroli (KP) 2001 milik Satpolairud Polres Karimun berhasil menemukan 2 (dua) unit kapal kayu bermuatan penumpang  berjumlah 23 orang di perairan Selat Gelam, Kecamatan Karimun.

"Para mudik yang berasal warga Sungai Upih Penyalai, Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan, Riau berjumlah 11 orang,. Selanjutnya warga Karimun  yang balik mudik lebaran dari Kecamatan Manda, Kabupaten Inhil, Riau menuju Karimun berjumlah 12 orang, katanya.

Kasat menjelaskan, kapal pertama Avendra Renata yang dinahkodai oleh Taufik (24) terdapat penumpang dengan muatan 11 (sebelas) orang terdiri dari 8 ( delapan) orang dewasa dan 3 ( tiga) pelajar yang merupakan warga Sungai Upih, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan Riau tujuan Tanjung Balai Karimun dengan membawa muatan kelapa 1500 kelapa tua.

"Kedatangan mereka ke Tanjung Balai Karimun dengan maksud mengantarkan anak masuk sekolah SMP Muhammadiyah di Karimun", ucap  Binsar.

Sedangkan, dari kapal kedua  yang dinahkodai oleh Samsudi (38) kapal pompong Tanpa Nama  merupakan warga Karimun membawa 12 orang yang terdiri dari 4 (empat) orang dewasa dan 8 (delapan) orang anak-anak yang balik mudik lebaran dari Kecamatan Manda, Kabupaten Inhil, Riau menuju Karimun,kata Binsar menambahkan.

Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir menuturkan  awalnya dari  kedua kapal kayu atau kapal nelayan tersebut membuat curiga petugas karena mengangkut penumpang dan  anak - anaknya.

"Dari kecurigaan tersebut, petugas kemudian menggiring kapal tersebut untuk dilakukan pendataan terhadap penumpang dan meminta keterangan dari saksi, ucap Binsar.

Selanjutnya, pihaknya melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Karimun dan Puskesmas Karimun untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan tes  Antigen di Pelabuhan Surbakti di Kolong Telaga Tujuh, Kelurahan Sungai Lakam Barat Kecamatan Karimun, sambungnya.

Binsar menjelaskan dari hasil koordinasi Tim Gugus Tugas Covid-19 terhadap 23 orang masyarakat yang masuk ke Karimun tanpa dilengkapi dengan dokumen kesehatan, tidak ditemukan ada yang terpapar Covid-19 (non reaktif).

"Selanjutnya, Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Karimun menyerahkan kembali penumpang kapal tersebut kepada pihak keluarganya untuk menjemput sebagai penjamin keberadaannya di Kabupaten Karimun, pungkasnya.

Diketahui dalam patroli ini, Satpolairud Polres Karimun Polda Kepri menggunakan kapal patroli 2001 melaksanakan kegiatan rutin  yang ditingkatkan dalam patroli penyekatan antisipasi arus balik lebaran. (Nababan).



Posting Komentar