Ads (728x90)

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wagub Kepri Sosialisasikan Pengurangan Penggunaan Plastik
Wagub Kepri Hj marlin Agustina Rudi Saat Mensosialisasikan Pengurangan Penggunaan Plastik di Pasar Tradisional Mall Botania 2 Batam Kota, Kota Batam, Sabtu (11/06/2022) (Fhoto : Ist) .


BATAM, Realitamedia.com
– Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke-50, Wakil Gubernuri (Wagub) Kepri Hj. Marlin Agustina Rudi memimpin peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia ke-50 untuk Tingkat Kota Batam di pasar tradisional Mall Botania 2 Batam Kota, Kota Batam, Sabtu (11/06/2022).

Dalam rangkaian tersebut, Wagub Kepri bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dr. Herman Rozie mensosialisasikan pengurangan pengunaan kantong plastic kepada pengunjung dan pedagang di pasar tersebut.

Wagub Kepri mengatakan betapa pentingnya kita harus melakukan pemilahan sampah-sampah di rumah, bukan hanya dapat menjaga lingkungan tetap bersih tetapi juga dapat menambah omset pemasukan di rumah dengan cara mendaur ulang sampah tersebut.

“Saya pribadi sudah milah sampah dirumah, dengan kategori sampah tersebut, jadi mari bersama kita melakukan pilah sampah dan mengurangi pengunaan kantong pastik di pasar seperti membawa tas keranjang belanja yang bisa dilipat saat selesai belanja,” katanya.

Sementara Herman Rozie selaku Kepala Dinas DLH Kota Batam mengatakan acara hari ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar setiap tahun pada tanggal 5 Juni.

“ Untuk tahun ini berbeda tanggal dikarenakan serentak dengan acara bersepeda serta senam pagi,” katanya.

Ia menyebut kegiatan ini diawali dengan senam bersama serta sosialisasi pengurangi pengunaan kantong plastik dan pembagian voucher belanja dengan nominal Rp100.000,- di pasar.

DLH Kota Batam, katanya akan mengadakan program penanam hutan magrove dalam minggu depan di Tanjung Piayu dan acara tersebut mendapat support dari PT. Mcdermott,

“ Kami dari DLH Kota Batam menghimbau sesuai surat edaran Pemko Batam terkait pembinaan lingkungan hidup, maka DLH sudah melakukan sosialisasi dalam hal mengurangi penyebaran sampah plastik sampai ketingkat RT,” katanya

Kegiatan yang mengusung thema “Satu Bumi Untuk Masa Depan”  tujuannya untuk mengajak masyarakat menjaga bumi, dengan mengurangi pembuangan sampah sembarangan, dengan memilah sampah sehingga dapat didaur ulang dan dapat digunakan untuk bahan-bahan kreatif rumahan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dinas Pariwisata, Dinas Permukiman, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dinas Kependudukan serta warga yang sedang berbelanja. (rdk)