-->

Ads (728x90)

 

Pemkab Sergai Menggelar Kegiatan Workshop Public Speaking bagi TP PKK Kabupaten Sergai
Bupati Sergai H Darma Wijaya Menyampaikan Sambutannya Saat Menghadiri kegiatan Workshop Public Speaking bagi TP PKK Kabupaten Sergai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Selasa (7/6/2022) (Fhoto : Ist)

SERGAI, Realitamedia.com - Sebagai upaya untuk memperdalam komunikasi di depan umum dan dalam kehidupan sehari-hari bagi Ketua PKK Desa, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Workshop Public Speaking bagi TP PKK Kabupaten Sergai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Selasa (7/6/2022).

Public Speaking merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menyampaikan atau mempresentasikan suatu topik di depan umum. Seseorang bisa mengantarkan informasi secara jelas di hadapan audiens dengan menguasai dan menerapkan teknik berbicara yang tepat, buka Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam arahannya di hadapan Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis PMD Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si, Narasumber serta para Kader PKK Kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, jika poin terpenting dari keahlian public speaking adalah bagaimana seseorang dapat berbicara dengan baik dan terstruktur sehingga gagasan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh orang banyak.

“ Selain mengandalkan cara berkomunikasi, skill ini juga perlu dibarengi dengan keyakinan diri dengan kadar yang pas. Pembawaan yang baik dapat membantu audience merasa nyaman pada performa anda saat menyampaikan sesuatu. Dari rasa percaya diri ini juga akan menggiring speaker atau pembicara memiliki body language yang tepat,” katanya.

Bang Wiwiek, sapaan akrabnya, berbagi cerita tentang pengalaman sewaktu masih menjabat sebagai Wakil Bupati. Ia mengaku sempat grogi untuk berbicara di depan umum seperti ini, namun karena terus berlatih dan bertanya khusunya kepada istri usai dan mendapat banyak masukan. Selain itu dengan seringnya berbicara di depan umum tentu akan mengasah kemampuan kita berbicara sehingga tidak merasa grogi dan gugup lagi, ungkapnya.

“ Semoga dengan kegiatan ini, para Ketua PKK Desa yang baru dapat memahami dan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat hari ini untuk membantu para suami (Kepala Desa) dalam memajukan desa dan mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” tutup Bupati Sergai.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengutarakan jika Ketua PKK Desa yang merupakan isri dari  Kepala Desa harus mampu menyampaikan setiap program pemerintahan desa dan kabupaten kepada masyarakat dengan bahasa yang baik sehingga dapat di pahami oleh masyarakat.

“ Saya berharap,  para peserta dapat menyerap ilmu dan diterapkan di masyarakat. Kemudian berani berbicara di depan umum dan membantu tugas para suami di desa masing-masing,” harapnya.

Ny.Uke Retno Faisal Hasrimy, dikesempatan yang sama menyampaikan laporannya jika kegitan ini bertujuan untuk melatih Public Speaking Ketua TP PKK Desa sehingga memiliki pengetahuan dan rasa percaya diri untuk berbicara di depan umum. Kegiatan ini diikuti oleh para Ketua PKK Desa yang baru dilantik beberapa waktu lalu.  (Bal)

Posting Komentar