-->

Ads (728x90)

Pemkab Sergai Memberikan Bantuan Kapal Penangkap Ikan dan Mesin Pembuat Pakan Ikan
Bupati Sergai H. Darma Wijaya bersama Fokopimda dan Dinas Perikanan dan Kelautan Sergai Mencoba Kapal Penangkap Ikan di Desa Gelam, Sei Serimah, Kecamatan Bandar Kalifah, Rabu (12/10/2022) (Fhoto : Rico Tampati)


SERGAI, Realitamedia.com
– Pemkab Sergai melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Sergai memberikan bantuan berupa kapal penangkap ikan dengan kapasitas 4 Gross Tonnage (GT), mesin penggerak 28 tenaga kuda PK, GPS, jaring mata 100, dan mesin pembuat pakan kepada kelompok usaha tambak ikan dan nelayan.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya kepada kelompok usaha tambak ikan dan nelayan di Desa Gelam, Sei Serimah, Kecamatan Bandar Kalifah, Rabu (12/10/2022).

Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sergai terhadap bidang perikanan.

Pemberian bantuan ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Sergai Togar Situmorang, Camat Bandar Kalifah Maningar Manurung, SP, M.Si, tokoh masyarakat, serta masyarakat.

Dikesempatan itu, Bupati Sergai mengharapkan agar bantuan yang diberikan tersebut dapat dimaksimalkan oleh warga penerima untuk meningkatkan hasil tangkap dan produksi ikan.

Ia menyebut nelayan harus memahami betul manajemen kerja supaya hasilnya lebih maksimal dan sesuai peruntukannya. Dengan meningkatnya hasil tangkap dan produksi ikan maka meningkat pula perekonomian masyarakat nelayan kita

Pria yang akrab disapa bang Wiwik ini mengatakan bantuan ini bisa menjadi awal bagi para nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan dan nantinya bisa pula berbalik memberi kepada sesama.

“Tanamkan prinsip berbagi dan memberi. Hari ini Bapak dan Ibu sekalian yang menerima bantuan. Di masa depan, bisa jadi gilaran Bapak dan Ibu yang mampu memberikan bantuan kepada yang lain. Insya Allah,” ucapnya.

Beliau juga mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat untuk proses pembangunan yang dirinya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan sedang kerjakan.

“Program pembangunan yang kami laksanakan, termasuk pada sektor perikanan, adalah ikhtiar kami dalam mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sergai, Dr. Klaudia E. Siregar, SKM, M.Kes, menyampaikan jika alur pemberian bantuan kepada nelayan tidak akan terhenti di sini. Dia menjelaskan, nantinya terhadap penggunaan bantuan akan dilaksanakan pemantauan untuk kemudian dilakukan evaluasi.

“Selain itu kami juga menjajaki kerjasama pemanfaatan limbah tambak ikan milik PT Aqua Farm Nusantara untuk dijadikan bahan baku pembuatan pelet ikan bagi peternak. Ini akan menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bina Mandiri, Hermansyah, mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang telah diterima oleh pihaknya. Mewakili para nelayan penerima bantuan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai, terkhusus kepada Bupati Sergai, atas perhatian yang diberikan.

“Kami akan memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin,” tandasnya.

Bupati kemudian mengujicoba kapal bantuan yang diserahkan kepada nelayan dengan mengarungi sungai Bandar Kalifah yang berjarak sekitar 3 Km ke arah pantai tempat nelayan beroperasi. (Bal)



Posting Komentar