-->

Ads (728x90)

DPRD Tanjungpinang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang
Tari Sekapur Sirih Saat Pembukaan Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) (Fhoto : Ist) 

TANJUNGPINANG, Realitamedia.com – DPRD Kota Tanjungpinang menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang pada Senin (17/10/2022) di ruang utama rapat paripurna DPRD Tanjungpinang.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, didampingi Wakil Ketua I Novaliandri Fathir, Wakil Ketua II Hendra Jaya dan dihadiri oleh Asisten III Pemerintah Provinsi Kepri Misbardi, Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Wakil Wali Kota Endang Abdullah, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt Asisten III Pemprov Kepri Misbardi, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menjelaskan peran dari Kota Tanjungpinang sebagai salah satu penopang utama pembangunan di Provinsi Kepri. 

DPRD Tanjungpinang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang
Ketua DPRD Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, didampingi Wakil Ketua I Novaliandri Fathir, Wakil Ketua II Hendra Jaya Saat Memimpin Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) (Fhoto : Ist) 

Alasannya Kota Tanjungpinang sebagai penopang utama pembangunan di Provinsi Kepri yang pertama adalah dari segi perekonomian, ekonomi Kepri pada triwulan I tahun 2022 tubuh 2,83 persen, kemudian pada triwulan kedua meroket menjadi 5,01 persen.

Berdasarkan lingkup PDRB Kepri kuartal kedua Kota Tanjungpinang memberikan kontribusi sebesar 7,83 persen.

Selanjutnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepri mengalami peningkatan sebesar 0,20 poin, dimana pada tahun 2020 sebesar 75,59 poin, pada tahun 2021 naik sebesar 75,79 poin.
 

DPRD Tanjungpinang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang
Anggota DPRD Kota Tanjungpinang bersama Forkopimda dan OPD Pemko Tanjungpinang Saat Menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) (Fhoto : Ist)


Menurutnya hal tersebut sejalan dengan lingkup Kota Tanjungpinang yang meningkat sebesar 0,02 poin dimana tahun 2020 sebesar 78,89 poin, pada 2021 sebesar 78,93 poin.

Kemudian tingkat kemiskinan dan jumlah penduduk miskin berangsur membaik, dari 6,13 persen pada tahun 2020 menjadi 5,75 persen pada 2021, Kota Tanjungpinang tingkat kemiskinan sebesar 9,57 persen.

“ Sesuai capaian pembangunan tersebut Pemprov Kepri akan terus berupaya memaksimalkan potensi yang ada dengan memberikan perhatian penuh terhadap kecepatan dan pemerataan pembangunan di tujuh Kabupaten Kota termasuk di Tanjungpinang,” katanya.

Sedangkan dalam aspek kebijakan pengembangan kewilayahan yang berorientasi pada potensi daerah, Pemprov Kepri telah menetapkan Kota Tanjungpinang sebagai pusat pemerintahan, pendidikan, wisata budaya, industri halal dan pengembangan Free Trade Zone.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang untuk menjadikan momentum ini sebagai wujud syukur atas nikmat yang tak terhingga dan sebagai pematik spirit untuk senantiasa mewujudkan Tanjungpinang sebagai kota yang maju, berbudaya dan sejahtera dalam harmoni kebhinekaan masyarakat madani.

 

DPRD Tanjungpinang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang
Walikota Tanjungpinang Hj Rahma Saat Menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) (Fhoto : Ist)

Misbardi mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri turut merasa bangga atas capaian yang luar biasa dari Kota Tanjungpinang di tengah masa sulit seperti pandemi yang lalu, Tanjungpinang mampu menjadi daerah pelopor pembangunan dan upaya untuk pemulihan ekonomi. 

“ Saya mengucapkan selamat Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang ke-21. Semoga sejalan dengan 21 tahun Kota Otonom, Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepulauan Riau semakin baik, gemilang dan sejahtera,” kata Misbardi.

Sementara, Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyampaikan, peringatan Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang hendaknya menjadi momentum untuk mengingat capaian dan kemajuan pembangunan merupakan hasil dari sinergi dan kerja keras bersama antar pemerintah, DPRD dan pemangku kepentingan lainnya.

Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang tahun ini mengusung tema “ Tanjungpinang yang Maju, Bangkit Bersama Menuju Smart City Madani ” 

DPRD Tanjungpinang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang
Walikota Tanjungpinang Hj Rahma bersama Wakil Walikota Tanjungpinang dan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Usai Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) (Fhoto : Ist)


Ia mengharapkan tema tersebut tidak hanya retorika belaka, tetapi dijadikan sebagai ajakan, tekad, dan motivasi dalam melaksanakan pembangunan yang lebih inovatif dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk mewujudkan kualitas sumber saya manusia yang cerdas, mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi.

Memasuki usia ke-21 tahun sebagai Kota Otonom, Tanjungpinang telah melewati berbagai tantangan dan dinamika pembangunan yang cukup kompleks. Beberapa tahun terakhir tantangan yang dihadapi cukup berat karena terjadinya krisis kesehatan, yang tentunya berdampak besar terhadap perekonomian.

DPRD Tanjungpinang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang
Mantan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang Usai Menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang di Ruang Utama Rapat Paripurna DPRD Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) (Fhoto : Ist)


Walau pandemic Covid-19 sudah mulai mereda tetapi belum sepenuhnya punah dan perekonomian belum sepenuhnya bangkit akibat pandemi Covid-19.

“ Walau selama ini kita telah menghadapi tantangan yang cukup berat, kita patut bersyukur kota Tanjungpinang mampu menghadapi krisis global tersebut,” katanya.

Diusia ke-21 tahun ini merupakan usia yang beranjak dewasa yaitu usia semangat membangun sesuai dengan visi “Tanjungpinang sebagai kota yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani”.

Visi inilah yang menjadi titik capaian dan titik yang akan dituju dari seluruh rangkaian proses pembangunan sejak kepemimpinan alm ayah Syahrul hingga saat ini dirinya didampingi Endang Abdullah memimpin Kota Tanjungpinang. (rdk)








Posting Komentar