Ads (728x90)

Hutan Kehati yang dikelola PT Timah Tbk yakni Hutan Kehati di  Kundur. Foto : Istimewa 

KUNDUR, Realitamedia com --
Pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan merupakan komitmen PT Timah Tbk dalam menjalankan proses bisnisnya. Lingkungan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan manusia, ekosistem yang terjaga sangat penting untuk kelangsungan flora dan fauna. 

Untuk itu, PT Timah Tbk konsisten dalam menerapkan perlindungan, pengelolaan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati. Salah satu bentuk perlindungan keankeragaman hayati yakni melalui program Hutan Kehati atau Hutan Keanekaragaman Hayati. 


Hutan Keanekaragaman Hayati merupakan Program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang diselenggarakan untuk menyelamatkan berbagai flora dan fauna endemik lokal yang terancam punah. 

Salah satu Hutan Kehati yang dikelola PT Timah Tbk yakni Hutan Kehati Kundur, di Kawasan seluas 17 hektar ini telah ditumbuhi berbagai tanaman dan menjadi tempat berlindung hewan. 

Keberadaan Hutan Konservasi ini sebagai upaya untuk melindungi dan melestarikan flora dan fauna yang berada di kawasan itu agar tetap lestari dan tidak punah. Untuk meningakatkan populasi, PT Timah Tbk melepasliarkan burung endemik yang sesuai dengan kawasan tersebut seperti burung punai dan burung tekukur. 

Berdasarkan pendataan yang dilakukan PT Timah Tbk, di Kawasan Hutan Konservasi terdapat sekitar seratus jenis tanaman dan 30 persen diantaranya sudah hidup puluhan tahun yang memiliki diameter 1,60cm hingga 4,60 cm seperti pohon sengon dan sapu-sapu atau kelat. 

Adapun jenis tanaman dan pohon yang ada di kawasan ini seperti pohon setajam, sengon, mempan, leban, jelutung, tiup-tiup, tuak, akasia, ceparak ceperai, medang dan lainnya. 


Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan Hutan Kehati Kundur merupakan upaya yang dilakukan perusahaan untuk menjaga kelestarian alam, memberikan tempat bagi flora dan fauna agar tetap lestari. 

"Melalui Hutan Kehati ini kita menjaga kelestarian flora dan fauna yang ada di kawasan ini agar tetap lestari. Sehingga fungsi hutan tetap baik untuk keberlanjutan lingkungan," ucapnya. 

PT Timah Tbk juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga Hutan Kehati, PT Timah juga memasang plang keamanan agar tidak ada pemburu liar. 

Selain melalui Hutan Kehati, PT Timah Tbk juga melakukan program pengelolaan lingkungan yang lainnya seperti penanaman mangrove, cemara, pemasangan tanggul penahan abrasi, dan penghijauan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam.(jam)