Ads (728x90)

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat melakukan kunjungan agrowisata makan durian di Pulau Kundur. Foto : Dok. (Realitamedia.com /jam) 

KARIMUN, Realitamedia com
– Di sela sela kunjungan Bupati Karimun Aunur Rafiq ke Pulau Kundur, Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun.Muhammad Firmansyah mencicipi durian yang saat ini sedang panen durian. 

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka menjelang HUT Bhayangkara Ke-76 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2022, dimana Bupati Karimun Aunur Rafiq sekaligus mengajak puluhan awak media untuk melakukan agrowisata makan durian, Rabu (22/6/2022). 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Kapolsek Kundur Kompol Muhamad Qomarudin, Kapolsek Kundur Utara AKP Sasmintoro. 


Bupati Karimun Aunur Rafiq  mengungkapkan bahwa durian Kundur tidak ada lawan dengan durian lainnya yang berkwalitas tinggi ucap Bupati usai menikmati durian asal Kundur. 

"Alhamdulillah, saya bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah dan Kapolsek Kundur, Kapolsek Kundur Kompol Muhamad Qomarudin serta Kapolsek Kundur Utara AKP Sasmintoro mencicipi durian kundur langsung di kebun salah seorang warga disini,'' ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq menuturkan bahwa setelah dirinya melakukan lawatan berkeliling di Provinsi Kepri ini termasuk diluar daerah Kepri sendiri. Bahwa, durian kundur tidak ada lawan dengan rasa yang cukup lezat sekali. Dan, jenis duriannya cukup banyak beragam mulai dari durian kampung maupun durian yang kwalitas tinggi, terang  Rafiq. 

"Pulau Kundur memiliki potensi yang cukup besar, banyak tanaman-tanaman buah yang dihasilkan, sehingga mendukung untuk dijadikan sebagai Agrowisata, ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq. 

Lebih lanjut, Bupati Karimun Aunur Rafiq menjelaskan durian disini bisa mencapai Rp1 juta per buah. Yaitu durian duri hitam yang memang buahnya tidak banyak. Pokoknya, tidak ada lawanlah. Lumayanlah, penghasilan berkebun durian disini bisa mencapai Rp1 miliar sekali panen,'' ungkapnya.


Masih kata Rafiq lagi, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Kepri silahkan datang ke pulau Kundur, jangan khawatir kwalitas dan harganya cukup terjangkau. Dan, bisa berwisata durian di kebun masyarakat yang panen setahun sekali, papar Bupati Karimun Aunur Rafiq. 

'' Selain durian hitam, ada juga durian musan king, durian udang merah, durian 01, durian SO dan sebagainya. Sampai-sampai durian kampung rasa luar biasa,'' tuturya.

Selain durian yang saat ini lagi panen dengan nilai ekonomis tinggi, ada juga tanaman pinang yang sekarang ini bisa diekpor. Sehingga, kondisi tanah di Kundur sendiri sangat menjanjikan nilai ekonomisnya yang dapat meningkatkan tarap ekonomi masyarakat.

'' Insyallah, kita akan mendapatkan bantuan sektiar 25 ribu batang buah-buahan. Nanti, akan didistribusikan kepada masyarakat untuk dibudidayakan nanti,'' ucapnya.(jam)