-->

Ads (728x90)


Walikota Tanjung Pinang, Lis Darmansyah (Fhoto : Istimewa)


TANJUNG PINANG,Infolingga.com - Kota Tanjungpinang telah berhasil menyelamatkan Propinsi Kepulauan Riau di kancah nasional. Dengan seleksi yang sangat ketat, Kota Tanjungpinang telah mampu memboyong  piala  Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2017 sebagai kota dengan perencanana pembangunan terbaik ke tiga se- Indonesia. 

Hal ini terbukti dari 99 kota di Indonesia, Kota Tanjungpinang merupakan kota dengan perencanaan terbaik pertama di luar Jawa, dan peringkat ke tiga Se-Indonesia setelah kota Batu Propinsi Jawa Timur yang menduduki peringkat pertama dan diikuti Kota Pekalongan Propinsi Jawa Tengah pada posisi peringkat ke dua.

Prestasi demi prestasi kembali diukir dimasa Pemerintahan Lis-Syahrul di Tingkat Nasional. Piala APN diserahkan langsung oleh Mentri PPN/Bappenas Bambang Brojo Negoro kepada Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

APN merupakan penghargaan yang diberikan oleh kementrian PPN/Bappenas kepada daerah yang telah berhasil meraih prestasi di bidang Perencanaan Pembangunan. Adapun seleksi dilaksanakan meliputi 4 tahap yang dilalui oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Tanjungpinang. Pada tahap ke-4 dilaksanakan dalam bentuk presentase dan wawancara oleh Kepala Bappelitbang kota Tanjung Pinang, Drs. Surjadi, M.T pada tanggal 30 Maret 2017 lalu, yang diikuti oleh Kepala Bappeda masing-masing Kabupaten/Kota lainnya yang masuk nominasi tingkat nasional.

Dalam penilaian tahap IV tersebut, cakupan penilaian terdiri dari 12 kriteria yang meliputi penilaian terhadap keterkaitan antara Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dengan RPJMD dan RKP 2017, Konsistensi antara evaluasi  penilian terhadap proses penyusunan perencanaan, tampilan dan materi presentase serta kemampuan presentasi dan penguasaan materi.  Setelah berhasil melalui serangkaian tahapan seleksi, akhirmya  Tanjungpinang terpilih sebagai perencana pembangunan terbaik peringkat ke tiga se-Indonesia.

Acara tersebut disejalankan dengan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2017 yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam pidatonya Jokowi mengatakan bahwa sudah bertahun-tahun penyusunan  anggaran tidak pernah fous dan tidak memiliki perioritas yang jelas baik. Untuk  itu ia mengingatkan agar diberi skala perioritas  cukup 2 atau 3 saja jangan semua kegiatan dijadikan prioritas.
Selain itu ia juga mengingatkan perlunya integritas antara pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota dan harus betul-betul terkonsolidasi dengan baik. Ia mencontohkan ada pelabuhan tapi tidak ada jalan, bagaimana bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

“APBN maupun APBD kita kecil, tidak ada jalan lain, selain menggaet investor menanamkan investasi di Indonesia, namun karena ketidak nyamanan dan birokrasi berbelit-belit sehingga mereka berpindah investasi ke Negara lain”, ujar Jokowi. 

Zaman sekarang ini bukan yang besar kalahkan yang kecil, bukan yang kuat kalahkan yang lemah, akan tetapi yang cepat mengalahkan yang lambat, untuk itu kita perlu cepat mempersiapkan diri dalam segala hal”, tambah Jokowi.

Sementara itu Lis disela-sela penerimaan piala APN menyampaikan rasa syukur dan bahagia terhadap apa yang sudah diraih Pemerintah Kota Tanjungpinang, sehingga Tanjungpinang terbilang di tingkat nasional terutama dalam hal perencanaan pembangunan daerah. Hal ini juga menunjukkan keseriusan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam menata dan membangun Tanjungpinang. Selain itu juga menurut Lis sebagai motivasi untuk terus berbuat yang terbaik dan berinovasi. 

“Meskipun kita belum mampu menata pembangunan secara menyeluruh, , namun kita sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari RPJMD, LAKIP, dan proses RKPD serta Renja APBD yang sudah seirama”, papar Lis. 

Ditambahkan Lis, penghargaan bukanlah menjadi tujuan utama yang dicari, akan tetapi menunjukkan hasil kerja yang sudah kita perbuat selama ini untuk negeri kita tercinta, tinggal sekarang bagaimana kita bisa melakukan sinergisitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah”, ujar Lis. Lis juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Oraganisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tanjungpinang serta seluruh masyarakat Tanjungpinang yang telah turut serta berperan aktiv dalam perencanaan pembangunan di daerah ini.

Sementara itu Surjadi mengatakan, keberhasilan ini merupaksan keberhasilan Pemerintah Kota Tanjungpinang selama kepemimpinan Pak Lis dan Pak  Syahrul dan APN 2017 merupakan APN perdana untuk Kota Tanjungpinang. “Hal tersebut juga sebagai gambaran bahwa perencanaan di Hulu sudah benar dan kedepannya perencanaan pembangunan di Kota Tanjungpinang harus kita maksimalkan kembali”, ujar Surjadi.(Hms/tim)

Posting Komentar