-->

Ads (728x90)


KARIMUN, Realitamedia com –
Dewan Kehormatan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau Wiryanto mengajak wartawan “online” yang tergabung di IWO Karimun makin cermat menerapkan kode etik jurnalistik.

“Di samping membangun kemandirian organisasi, rekan-rekan wartawan online tentu juga dituntut untuk memegang teguh kode etik. Karena, melanggar kode etik tentu memiliki konsekuensi secara hukum maupun kredibilitas rekan-rekan sendiri,” kata Wiryanto ketika menghadiri acara potong tumpeng HUT IWO ke-9 yang digelar IWO Karimun di Kedai Kopi Goyang Lidah, Tanjung Balai Karimun, Minggu (8/8/2021).


Wiryanto yang juga pengacara senior ini juga mengingatkan kepada wartawan online cermat dan berhati-hati dalam melaksanakan tugas dan fungsinya terkait aturan-aturan yang terdapat dalam Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sebab, kata dia, sebagai wartawan online, seorang wartawan online kesehariannya sudah pasti berhadapan dengan dunia maya yang regulasinya diatur dalam UU ITE.


Untuk itu, kata dia lagi, HUT IWO yang ke-9 ini, diharapkan menjadi momentum bagi wartawan online menjadi lebih dewasa dan profesional dalam melaksanakan fungsi kontrol sosial.

“Selamat hari jadi yang ke-9, semoga sukses dan tetap eksis,” katanya.

Sementara itu, Ketua IWO Karimun Rusdianto mengharapkan kepada pengurus dan anggota tetap menjaga soliditas, sebab IWO adalah “rumah” kita semua, rumah untuk membangun kebersamaan dan profesionalisme sebagai insan pers.

“Mari kita jaga kebersamaan di tengah dinamika yang berkembang, baik dalam organisasi maupun sosial. Perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, tapi tidak membuat kita terpecah belah,” katanya.


Hal yang sama disampaikan Ketua Dewan Etik IWO Karimun Ernis P Hutabarat. Ernis kembali mengingatkan kepada segenap anggota agar tetap mematuhi aturan dalam organisasi serta kode etik jurnalistik.

“Hari jadi yang ke-9 ini merupakan momentum yang istimewa bagi kita dalam meningkatkan profesionalisme dalam menyajikan berita. Dan, dapat menjadi insan pers yang mengawal dan mengontrol jalannya pemerintahan agar tidak melenceng dari kebijakan yang seharusnya,” ujar Ernis.

Acara potong tumpeng berlangsung sederhana yang dihadiri pula oleh anggota Dewan Kehormatan IWO Karimun Nurul Izam Syam.(Jam). 

Sumber: PD IWO Karimun

Posting Komentar