-->

Ads (728x90)

 

Manfaatkan Pekarangan TP- PKK Kabupaten Lingga Panen Cabe Rawit

LINGGA, Realitamedia.com - TP-PKK kabupaten Lingga melaksanakan kegiatan panen cabe rawit  di pekarangan Gedung Daerah Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga pada Rabu  (23/6/2021) pagi.

Kegiatan yang merupakan program kerja PKK khususnya POKJA 3 ini dihadiri Ketua dan anggota PKK kecamatan se-kabupaten Lingga, kepala OPD dan personil dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Lingga.

Cabe rawit yang dipanen merupakan varietas unggul yang ditanam  sejak sekitar 3 bulan yang lalu dan berjumlah  sekitar 500 polybag yang merupakan implementasi dari gerakan bersama pemanfaatan pekarangan  untuk lebih produktif dan mengurangi perilaku  konsumtif.

Dalam sambutannya ketua TP PKK kabupaten Lingga mengutip sebuah pepatah jawa yang cukup terkenal "Nandhuro opo seng di pangan, mangono opo seng ditandhor"(tanam apalah yang dimakan, makanlah apa yang ditanam) dengan maksud  mengajak seluruh TP PKK kecamatan untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumah dan kantor untuk ditanamkan cabe, dan dapat memotivasi anggota yang ada di Desa-Desa untuk menanam cabe rawit, karena cabe rawit merupakan salah satu bahan pokok yang memiliki nilai jual dan juga dibutuhkan dalam rumah tangga. 

"Kami juga berterima kasih  kepada Dinas pertanian yang sudah membantu merawat cabe rawit ini mulai dari penyemaian hingga panen," kata Maratusholiha Nizar.

Ia mengharapkan bukan hanya cabe rawit,tapi juga berbagai produk pertanian seperti sayur mayur yang ada dikabupaten lingga dapat kita produksi dan pasarkan sendiri sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten lingga,dan mengurangi ketergantungan suplai dari kabupaten lain.

Untuk diketahui TP-PKK kabupaten Lingga telah membagikan benih cabe rawit di 5 kecamatan, selanjutnya untuk kecamatan lain akan di bagikan di tahap kedua.setelah dibagikan 3 bulan kemudian akan dievaluasi kembali.

" Tidak hanya cabe rawit, kedepannya TP-PKK kabupaten Lingga berkolaborasi dengan Dinas pertanian dan ketahanan pangan.akan menanam tanaman lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat Lingga," katanya.


(ENI)

Posting Komentar