-->

Ads (728x90)

 

Wakil Bupati Karimun Pimpin Apel Bersama Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla.


KARIMUN, Realitamedia.com – Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim memimpin Apel Bersama Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla yang dilaksanakan di Lapangan Sarja Arya Racana Mapolres Karimun, Rabu  (24/2/2021). 

Apel tersama tersebut turut dihadiri Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan,Dandim 0317/TBK Letkol Inf Denny, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi serta diikuti oleh unsur Forkopimda, Tagana, Basarnas, Pramuka dan ormas dan seluruh peserta apel.

Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim dalam amanatnya mengatakan tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dan kesiapsiagaan personil dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla, apabila terjadi sudah mempersiapkan penanganan sedini mungkin baik kesiapan personil maupun penggelaran sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Anwar menyebutkan kebakaran hutan atau lahan bukan hanya disebabkan gejala alam dengan timbulnya titik-titik hotspot pada musim kemarau, melainkan juga disebabkan oleh masyarakat yang membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar. 

Untuk itu, Wakil Bupati Karimun Anwar  Hasyim menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta merubah perilaku pembakaran saat membuka maupun membersihkan lahan, tuturnya.

"Dengan adanya apel kesiapan ini saya mengharapkan bahwa kita semua benar – benar telah siap dalam antisipasi penanganan dari kebakaran apabila terjadi di Kabupaten Karimun,” ujar Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh jajaran, instansi pemerintah, swasta, dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan kita, pesan Anwar. 

Melalui apel ini sekali lagi, saya menghimbau seluruh masyarakat agar secara bersama-sama dapat melakukan pencegahan kebakaran bilamana terjadi di kabupaten Karimun, pesan Anwar dalam amanatnya.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, Apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan hari ini agar dapat bersinergi dengan yang lain untuk sama - sama bilamana terjadi kita bisa cepat bertindak, merespon terkait dengan atensi terh yang lain, jelas Kapolres. 

Dalam menunjang aksi yang dilaksanakan kita, pihaknya juga menyiagakan personil beserta armada pendukung, kata Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan. 

Ia menambahkan, selain menyiagakan personil juga menyiapkan peralatan - peralatan yang akan dibutuhkan untuk membawa sarana penyedot dan penyembur air bilamana mobil tidak sampai ke lokasi guna mendukung aksi pemadaman , paparnya. 

"Mengingat, Karhutla ini bila terjadi kadang - kadang jalan mobil  juga tidak memiliki akses jalan yang bisa dilewati mobil pemadam ke lokasi" tutur Adenan. 

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan menyebutkan ada beberapa titik karhutla di daerah Tebing dan Buru yang menjadi atensi kami. 

Dalam melakukan pencegahan,  Kapolres Karimun AKBP Muhammad mengatakan bahwa pihaknya selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh pihak dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,tuturnya. 

Untuk itu, inilah yang kami komunikasikan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, pungkasnya.( Nababan).


Posting Komentar