-->

Ads (728x90)

Danau Taman Hijau Bersih Tertutup Enceng Gondok, Lanal TBK dan Pemkab Karimun Gotong Royong.


KARIMUN, Realitamedia com  -  Wakil Bupati (Wabup) Karimun Anwar Hasyim, bersama Sekda Karimun, HM. Firmansyah dan DPRD Karimun HM.Yusuf Sirat menghadiri upacara  Apel gelar Cinta Laut Bersih Pantai yang digelar Lanal TBK bersama Pemkab Karimun dan instansi terkait dalam rangka Gotong royong Bersih Danau Taman Hijau Kabupaten Karimun untuk mengangkut enceng gondok, Jumat, 19 Februari 2021 pagi. 

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi, M. Tr Opsla, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Ketua DPRD Karimun HM.Yusuf Sirat, Sekda Karimun, HM. Firmansyah, Kapolres Karimun diwakili oleh Kabagops Kompol Ricky Firmansyah, Kadis Lingkungan Hidup Pemkab Karimun Sugianto, Camat Meral Herisa Anugrah, Babinsa Kelurahan, Meral, Serka Waluyo. 

Kemudian , Ormas FKPPI, Pemuda Pancasila, Melayu Raya, Pemuda Batak Bersatu, Basarnas dan Tagana Karimun, Petugas Kebersihan Perum KPK, PLH Sea Brother dan PLH Mari Peduli dan Masyarakat setempat. 

Kegiatan itu digelar lantaran sampah dan eceng gondok menyelimuti hampir seluruh permukaan Danau Taman Hijau Bersih yang berada di Jalan Soekarno-Hatta tepatnya di depan RSUD Muhammad Sani, Kelurahan Baran Timur Kecamatan Meral Kabupaten Karimun. 

Keberadaan tanaman air enceng gondok tersebut sudah dirasa mengganggu aktifitas masyarakat sekitar yang menggunakan Danau tersebut untuk aktifitas sehari-hari. 

Dalam amanatnya, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M. Tr Opsla menyampaikan, Terlebih dahulu marilah kita panjatkan Puji Syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat Rahmad dan Karunianya.

"Hari ini kita masih diberi kesempatan untuk dapat mengikuti Apel gelar Pasukan dalam rangka  Giat Gotong Royong Bersih Danau Taman Hijau Kabupaten Karimun, ucapnya.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M. Tr Opsla mengatakan, Danau merupakan salah satu bentuk Ekosistem perairan tawar, dan berfungsi sebagai penampungan dan menyimpan air yang berasal dari air sungai, mata air maupun air hujan sebagai salah satu bentuk Emosistem air tawar. 

"Danau memegang peranan sangat penting dan potensial untuk dikembangkan serta didayagunakan untuk berbagai kepentingan, seperti kepentingan Ekonomi, Perikanan, Irigasi, Sumber air bersih dan Pariwisata" tutur Maswedi. 

Menurut, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M. Tr Opsla, Dari sisi Ekologi, Danau juga berperan sebagai penyangga bagi kehidupan sekitarnya, dan memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang potensial bagi kesejahteraan masyarakat.

"Akan tetapi potensi-potensi tersebut akan dapat mensejahterahkan secara berkelanjutan, apabila pengelolaan serta pemanfaatannya mempertimbangkan kemampuan optimal dan daya dukung Ekosistem tersebut", sambungnya. 

Maswedi menjelaskan, pemanfaatan yang berlebihan suatu potensi akan dapat menyebabkan gangguan terhadap potensi lainnya, kata dia. 

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M. Tr Opsla menekankan kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan senantiasa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan Danau.

 "Semoga Allah Yang Maha Esa senantiasa selalu memberikan Bimbingan, petunjuk serta hidayahnya kepada kita semua dalam melanjutkan Dharma Bhakti Kita kepada Bangsa dan Negara tercinta" ungkap Maswedi. 

Dari pantauan di lapangan, para personil Lanal TBK, Polri, Pemkab Karimun dan instansi terkait beserta warga terjun membersihkan Danau Taman Hijau Bersih tersebut. 

Sekitar pukul 10.45 WIB Kegiatan Gotong Royong bersih Danau Hijau Bersih selesai, selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

 (Humas Lanal TBK /Nababan).


Posting Komentar