-->

Ads (728x90)

Mahasiswa KKN Unimal Kelompok P126 Membersihkan Masjid Desa Gumpang Pekan dan Mengaktifkan Kembali Tampat Pencucian Tangan

GAYO LUES, Realitamedia.com  - Mahasiswa KKN Unimal dengan nomor kelompok P126 mengadakan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah dengan melakukan gotong royong membersihkan masjid Jami’ Nurul Iman di Desa Gumpang Pekan, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues baru-baru ini.

Ardinan kepada sejumlah awak media, Jumat (23/10/2020) mengatakan, kegiatan yang dinamakan “Jumat Bersih” ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan kepedulian mahasiswa KKN Unimal untuk menjaga kebersihan lingkungan masjid serta sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid- 19.

Lanjutnya, bukan hanya melakukan aksi bersih-bersih, para mahasiswa juga kembali memperbaiki tempat/wadah pencucian tangan dan menyiapkan tempat sampah agar jamaah yang hendak beribadah dalam keadaan bersih dan nyaman.

Kegiatan bersih-bersih masjid oleh kelompok P126 yang diketuai oleh Ardinan, mahasiswa dari Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Malikussaleh, dibawah bimbingan Mursalin, SPd MPd, yang dijadwalkan seminggu sekali setiap Jumat agar masjid yang merupakan tempat ibadah bagi umat Islam tetaplah bersih dan suci.

“Insya Allah kita lakukan bersih-bersih masjid ini setiap Jum’atnya,” ujar Ardinan mahasiswa KKN skema P126 Universitas Malikussaleh.

Menurut Ardinan, kegiatan “Jumat Bersih” ini juga bertujuan untuk membangun semangat gotong royong dan rasa memiliki terhadap masjid, khususnya di antara masyarakat Desa Gumpang, sehingga masjid selalu terawat kebersihan dan keindahannya.

Bilal pengurus masjid, Tgk. Sukaidi berharap kegiatan bersih-bersih masjid ini tidak berjalan saat pelaksanaan KKN oleh mahasiswa Unimal saja, tetapi bisa terus dilakukan secara teratur setiap hari Jumat. 

Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga dapat menginspirasi masyarakat untuk selalu menerapkan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah masing-masing guna untuk menjaga kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19.

Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),  Mursalin SPd MPd mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Ardinan di daerahnya.

“Kegiatan ini hendaknya memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah mahasiswa KKN.” Pungkas Mursalin yang juga Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unimal.  


( Pengirim Dosen Universitas Malikussaleh, Aceh, Mursalin S.Pd.,M.Pd)


Posting Komentar