-->

Ads (728x90)

Ismai Sabri Yaakob Menjadi Perdana Menteri Malaysia, Anwar : Hormati Keputusan Raja

JAKARTA, Realitamedia.com - Pemimpin oposisi Malaysia yang juga salah satu kandidat kuat perdana menteri Anwar Ibrahim menerima keputusan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah yang memutuskan Ismai Sabri Yaakob sebagai pengganti Muhyiddin Yassin. 

Anwar merupakan rival terdekat Ismail Sabri, namun kalah dalam memenangkan dukungan mayoritas di parlemen. Laporan dari sumber menyebutkan dia hanya mendapat 105 dukungan, kurang dari syarat minimal yakni 111 suara. 

Dalam pernyataan yang dirilis Sabtu (21/8/2021), Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR)  yang juga pemimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan itu menghormati keputusan Sultan Abdullah.

"Dengan penuh rasa hormat, saya mewakili oposisi menjunjung tinggi keputusan Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong atas pelantikan Dato Sri Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri," kata Anwar. 

Dia melanjutkan, keputusan Raja yang diambil setelah memastikan 114 dukungan anggota parlemen bagi Ismail Sabri sudah sesuai dengan Undang-Undang Konstitusi.  

Sultan Abdullah memastikan 114 dukungan dari total 222 kursi parlemen bagi Ismail Sabri setelah memverifikasi surat yang diterimanya pada Kamis kemarin. Dia lalu mengundang para sultan negara bagian untuk membahasnya pada Jumat sore yang dilanjutkan dengan pengumuman oleh Istana Negara.  

Anwar menambahkan, kekalahan oposisi dalam mendapatkan dukungan mayoritas parlemen ini menjadi pelajaran berharga dalam menghadapi Pemilihan Umum Raya (PUR) pada 2023. 

"Bagi kelompok oposisi ini merupakan pelajaran bagi kami untuk bekerja lebih gigih lagi untuk menghadapi Pemilihan Unum Raya Ke-15 (PRU-15)," ujarnya. 

Lebih lanjut dia meminta para politisi oposisi serta para pendukunganya untuk bekerja lebih keras memenangkan PUR-15 sebagaimana kemenangan yang diraih pada 2018. 

"Kepada semua pimpinan, anggota, dan pendukung, kami minta untuk menerima keputusan ini untuk lebih ulet, bekerja lebih gigih, menuju PRU-15 agar kita dapat memenangkan semua mandat rakyat yang telah kita terima dalam Pemilihan Umum Raya yang lalu," kata Anwar. 

Dia juga mengajak semua pihak untuk berdoa agar Malaysia segera pulih dari wabah Covid-19 yang akan berdampak pada perbaikan ekonomi. 

"Marilah kita sama-sama berdoa dan berusaha agar krisis wabah Covid-19 dan perekonomian bisa segera diatasi dan ditangani demi rakyat," ujar pria yang pernah menjabat Wakil Perdana Menteri di masa pemerintahan Mahathir Mohamad itu.

(inews.id)

Posting Komentar