-->

Ads (728x90)

Wabup Lingga, M Nizar (Fhoto : Infolingga.com)
LINGGA, Infolingga.com – Presiden RI Joko Widod (Jokowi) akhirnya menetapkan bahwa Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai Pahlawan Nasional. Pengajuan tokoh nasional asal kabupaten Lingga ini diajukan menjadi Pahlawan Nasional sejak tahun 2013 lalu dan penobatannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Wakil Bupati Lingga, M Nizar saat ditemui pada Selasa (7/11/2017) di kantornya mengatakan bahwa Sultan Mahmud Riayat Syah telah disetujui sebagai Pahlawan Nasional hal ini diperkuat dengan adanya konferensi pers yang dilakukan oleh Dewan Gelar yang menjelaskan bahwa tahun 2017 ini ada tiga orang Tokoh yang mendapat anugerah Pahlawan Nasional.

Ketiga tokoh tersebut, katanya, adalah Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kabupaten Lingga, Kepri, kemudian Malahayati dari Nanggroe Aceh Darussalam dan terakhir Tuanku Abdul Majid dari Nusa Tenggara Barat.

"Kami dari pemerintah daerah sangat bersyukur sekali, karena di Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lingga yang ke-14 ini, kita mendapat kado istimewa yang isinya sangat luar biasa, yaitu kita akan memiliki seorang Pahlawan Nasional yang berasal dari kampung kita yaitu Lingga," kata Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar.

Dikatakannya, pengajuan Sultan Mahmud Riayat Syah, sebagai Pahlawan Nasional ini cukup berliku-liku, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini di karenakan dokumennya tidak berada di satu tempat di Kabupaten Lingga atau di daerah lain di Kepri. Akan tetapi ada di luar negeri.

"Kita juga apresiasi kinerja tim yang selama ini telah bersusah payah mengumpulkan dan hingga ke Belanda serta negara lainnya," ujarnya.

Dengan demikian, Ia berharap masyarakat Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Lingga dapat mengenal lebih dalam tentang Sultan Mahmud Riayat Syah.

(Syaf/Mis)

Posting Komentar