-->

Ads (728x90)



SURABAYA, Realitamedia.com -  Sebanyak 12 dokter residen peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Airlangga (Unair) yang positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dirawat di RSU dr Soetomo. Kini mereka dinyatakan sembuh.

Sementara sembilan dokter PPDS lainnya masih menjalani perawatan. Satu di antaranya telah melepas ventilator.

"Kemarin 12 yang dirawat kemudian bisa pulang. Sekarang sembilan yang lain isolasi mandiri. PPDS yang kita rawat kan ada sembilan, kebetulan satu yang pakai ventilator sudah bisa keluar. Tinggal satu yang dirawat intensif. Lainnya dirawat di dalam loker (gejala ringan)," kata Dirut RSU dr Soetomo Dr dr Joni Wahyuhadi SpBS (K), Rabu (24/6/2020)

Joni menjelaskan, terpaparnya dokter PPDS di RSU dr Soetomo karena mereka turut melayani pasien Covid-19. Sehingga ada kemungkinan tertular walaupun sudah mengenakan APD lengkap.

Dia juga menegaskan, semua dokter PPDS yang terpapar COVID-19 dirawat dengan baik di RSU dr Soetomo. Bahkan pembiayaan ditanggung pemerintah.

"Sampai Pak Menteri kirim plasma covalescent. Nggak ada yang bayar. Semua ditanggung pemerintah, wong ini pandemi," paparnya.

Terkait total dokter PPDS di RSU dr Soetomo, Joni belum dapat memastikannya. Namun dia berharap tidak ada lagi dokter PPDS yang terpapar Corona.

"Kalau total dari banyak itu ya lain. Kalau pasien polanya seperti sekarang gerudukan semua ke Soetomo pasti kena semua. Makanya, saya mohon kawan-kawan dari RS kalau rujuk ke sini telepon dulu, ya memang susah telepon karena banyak memang pasiennya, kalau belum disiapkan tempat di sini ya jangan di sini. Kalau dirujuk di UGD tanpa ada tempat kan nulari yang lain," pungkasnya. (detik.com) 

Posting Komentar