-->

Ads (728x90)

LABUHANBATU, Realitamedia.com – Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan kabupaten Labuhanbatu menggelar kegiatan amal berupa khitanan massal gratis di Puskesmas Kecamatan Pangkatan, Selasa (18/8/2020).

Khitanan massal gratis itu digelar di tujuh desa se kecamatan Pangkatan dan diikuti oleh 40 orang anak.

Selain melakukan kegiatan mengkhitankan 140 orang anak, Pemkab Labuhanbatu memiliki program keumatan yakni memberikan santunan terhadap 0 orang anak yatim dan 20 orang kaum duafa, serta pemberian penghargaan Bidan terbaik dan pembagian kartu BPJS gratis kepada 60 Kepala Keluarga (KK).

Pada kesempatan itu Ketua TP.PKK kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmaidar Hasibuan juga memberikan asupan vitamin A kepada kepada tiga orang balita dan menyerahkan secara simbolis tambahan asupan makanan sebanyak 100 paket kepada ibu hamil dan anak kurang mampu.

Bupati Labuhanbatu  H. Andi Suhaimi Dalimunthe, menyampaikan sunat atau khitan adalah suatu kewajiban kita kaum laki-laki umat muslim, dari itu hari ini kita adakan khitan masal yang telah termasuk dalam program keumatan dengan tujuan untuk meringankan beban orang tua di Labuhanbatu ini untuk melaksanakan perintah Allah ini.

Program keumatan ini berjalan ditahun 2020, dengan target 1000 anak dan sampai hari ini sudah tercatat 600 anak yang sudah kita khitankan.

“ Mengapa ini kita lakukan, karena saya yakin sekali masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari kita," kata Bupati Labuhanbatu.

" Disini kembali saya tegaskan kepada kepala Puskesmas untuk selalu memantau para peserta khitan hingga sembuh, berikanlah pelayanan terbaik buat mereka, jangan sampai muncul hal- hal yang tidak kita inginkan,” tambah Bupati Labuhanbatu.

Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu H.Kamal Ilham S.Km menyebutkan, Khitan adalah suatu ritual yang menandakan laki- laki muslim beranjak dewasa, dari itu sudah kewajiban kita untuk mengikutinya.

“ Hari ini atas perintah Bupati Labuhanbatu kita melaksanakan program keumatan yang telah beliau laksanakan sebelumnya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan untuk menghitankan anaknya,"  jelas Kamal.

Ketua DMI Kecamatan Pangkatan Umri Jamil mewakili masyarakat setempat mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu atas program-program keumatan yang telah dilakukan.

" Program ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, semoga program seperti ini bisa terus berlanjut dimasa- masa mendatang," kata Umri.

Dalam kegiatan khitan gratis ini, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe didampingi Ketua TP PKK  memberikan buah tangan kepada seluruh peserta khitan massal berupa sarung dan uang jajan.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah kepala OPD, Kaban, Kabag, Camat, Tim Penggerak PKK, Kades dan masyarakat. (bs)


Posting Komentar