-->

Ads (728x90)

 


ASAHAN, Realitamedia.com - Puluhan Rumah terendam banjir di Desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut yang disebabkan curah hujan yang cukup tinggi , Masyarakat Desa melalui Kepala Desa Lubuk , Nurlin  menyampaikan keluhannya kepada Bupati Asahan yang di wakili oleh Asisten II, Drs Bambang HS.

Dalam laporannya , Nurlin menyampaikan bahwa dampak dari banjir tersebut halaman rumah warga, halaman sekolah, perkebunan masyarakat dan jalan tergenang air dimana efek dari banjir tersebut dirakan lebih kurang 700 KK di 3 Desa yakni Desa Lubuk Palas, Desa Kapias Batu VII, dan Desa Pematang Sei Baru. 

" Akibat tergenangnya air menyebabkan sulitnya petani untuk bekerja, rusaknya infrastruktur, dan banyak tanaman masyarakat yang mati”, ujar Nurlin.

Menyikapi aspirasi masyarakat tersebut, Bupati Asahan H Surya, B.Sc instruksikan kepada Dinas PUPR Kabupaten Asahan untuk segera lakukan upaya mengatasi permasalahan yang dialami masyarakat Desa Lubuk Palas dan sekitarnya. 

“Harus segera dilakukan antisipasi untuk meminimalisir kemungkinan terjadi genangan air yang lebih tinggi apabila hujan turun kembali”, pesan Bupati Asahan yang disampaikan Asisten II, Rabu (23/9/2020)

Tindak lanjut dari instruksi Bupati Asahan, Dinas PUPR Kabupaten Asahan serahkan bantuan 42 pipa kepada masyarakat Desa Lubuk Palas. 

“Pipa tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk perbaikan tanggul penahan air asin yang telah rusak dan juga dipergunakan untuk mengalirkan air yang tergenang dari Desa Lubuk Palas menuju Kuala Pematang Sei Baru”, kata Bambang.

Selain 42 pipa yang diserahkan oleh Pemkab Asahan, masyarakat Desa Lubuk Palas juga menerima bantuan 10 pipa yang bersumber dari CSR UD Sejati. 

“Untuk proses pengerjaannya dilaksanakan oleh Dinas PUPR dan masyarakat setempat dengan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Asahan pada Dinas PUPR dalam kegiatan pengendalian banjir, dan pengerjaannya telah dimulai sejak Senin, (21/9/2020),” ujar Bambang.

Lanjut Bambang menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya pipanisasi tersebut diharapkan dapat mengurangi debit air bila terjadi curah hujan yang tinggi di Desa Lubuk Palas dan sekitarnya. (DS)


Posting Komentar