-->

Ads (728x90)

Hadiri Rapat Kordinasi Pendataan Awal Regsosek 2022, Ini Pesan yang Disampaikan Bupati Karimun
Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq (tengah) bersama Ketua DPRD Karimun, Kepala BPS Karimun, Forkopimda Karimun Saat Menghadiri Rapat Koordinasi Pendataan Awal Regsosek di Hotel Aston Karimun, Senin (19/9/2022) (Fhoto : James/Realitamedia.com)


By James
KARIMUN, Peristiwanusantara.com  - Bertempat di Hotel Aston Karimun, Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S. Sos M.Si menghadiri rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi (regsosek), Senin (19/9/2022)

Rapat ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Karimun, Kepala BPS Karimun, Forkopimda Karimun, Kepala OPD Karimun dan hadirin undangan lainnya.

Rapat koordinasi pendataan awal Regsosek 2022 ini mengusung thema Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat  "Rising to The Challange"

Usai kegiatan, Bupati Karimun kepada wartawan mengatakan program Regsosek 2022 dimaksudkan sebagai bentuk usaha pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyamakan data kependudukan yang sudah ada secara nasional.

Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan pendataan awal registrasi sosial ekonomi (regsosek) mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022 mendatang. Sementara itu, pengolahan datanya akan dimulai pada tahun depan.

“ Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan,” katanya.

Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Hal tersebut bertujuan agar memudahkan semuanya dalam sistem administrasi yang lebih akuntabel apabila nantinya dikaitkan dengan program-program bantuan pemerintah.

Ia mengatakan Regsosek memiliki manfaat dalam penyusunan program-program penuntasan kemiskinan, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di daerah

"Dengan Regsosek nantinya akan terpeta kondisi sosial ekonomi masyarakat secara keseluruhan," lanjutnya

Nantinya  petugas lapangan yang turun akan mengumpulkan data secara riil dari masyarakat. untuk itu Bupati Karimun berharap peran pemerintah daerah melalui jajaran dinas yang terkait, kecamatan, kelurahan dan desa serta peran RT/RW untuk membantu para petugas.(Jam)
 
Editor : Herry 


Posting Komentar